Beranda Semarang Raya Semarang UPGRIS Siap Tambal Kekurangan Guru

UPGRIS Siap Tambal Kekurangan Guru

0
UPGRIS Siap Tambal Kekurangan Guru
Muhdi. (DOK RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Jumlah guru di Indonesia sampai saat ini masih belum terpenuhi alias kekurangan kuota. Untuk memenuhinya Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) tahun ini membuka seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan.

“Dari 63 perguruan tinggi di Indonesia, UPGRIS menjadi salah satu universitas yang membuka seleksi PPG Prajabatan,” kata Rektor UPGRIS Muhdi, Senin (19/11).

Ia menjelaskan, Indonesia saat ini masih kekurangan 700 ribu guru. Jumlah tersebut masih lebih banyak daripada 400 ribu guru baru yang diangkat selama beberapa tahun ini.”Di Jateng sendiri ada rata-rata 2 ribu guru yang pensiun setiap tahun,” paparnya.

Muhdi mengaku telah bertemu dengan Mendikbud Dikti Nadiem Makarim dan berdiskusi terkait kekurangan guru. Dari pertemuan tersebut, disepakati penambahan guru merupakan jalan yang terbaik. “Menteri Nadiem bilang, beliau konsen membenahi sistem pelajaran dan membenahi guru,” jelasnya.

Proses untuk merekrut guru, lanjut dia adalah mengikuti PPG. Dalam PPG diajarkan pelatihan lanjutan terkait kompetensi pengajaran dan karakter. Artinya, guru bukan hanya menghasilkan siswa yang berkompeten namun juga memiliki karakter yang baik. Ada 13 bidang yang dibuka, seperti Pendidikan guru SD, Konseling, Kewarganegaraan, Pendidikan Jasmani, Bahasa Inggris, Matematika.Lalu Ekonomi, Sejarah, Akuntansi dan Keuangan, TIK, Teknik Otomotif, Pariwisata, dan Agribisnis.

Dari 13 bidang studi PPG Prajabatan, UPGRIS membuka dua bidang studi yakni Matematika dan PGSD. Dari 63 kampus se-Indonesia yang membuka PPG Prajabatan, di Kota Semarang selain UPGRIS, ada juga Universitas Negeri Semarang (Unnes).Secara nasional kuota 12.225 peserta PPG bisa terjaring. “Biaya kuliah ditetapkan Rp 8,5 juta per semester, selama dua semester,” jelasnya.(den/ton)