Beranda Semarang Raya Semarang Perbanyak Tanaman agar Makin Hijau

Perbanyak Tanaman agar Makin Hijau

0
Perbanyak Tanaman agar Makin Hijau
SIAP KOMPETISI : Wilayah RW 5 Kelurahan Krobokan yang mengikuti kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. (TIARA KRISTINE/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Antusiasme warga dalam menyambut Lomba Kampung Hebat 2019-2020 sangat tinggi. Di kampung-kampung yang sudah mendaftar, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan. Termasuk di Kelurahan Krobokan Kecamatan Semarang Barat.

Plt Lurah Krobokan Sarno. (Dok)
Plt Lurah Krobokan Sarno. (Dok)

Krobokan mendaftar kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. Wilayah RW 5 sebagai wakil Krobokan. “Untuk mempersiapkan lomba, tanaman yang disiapkan yaitu melati, jeruk dan lidah buaya. Tanaman lainnya yang ditambah adalah tanaman lombok dan terong. Kemudian di sini juga menggunakan sistem biopori dan rumah sehat,” ujar Plt Lurah Krobokan Sarno.

Menurutnya, bibit-bibit tersebut tidak asal ditanam. Tapi juga diberi label nama dan kegunaannya. “Di sini sering juara karena warganya mudah untuk diajak bicara dan bekerja sama. Selain itu lurahnya juga turun langsung ke lapangan,” Sarno.

Dalam masa persiapan ini, warga akan memperbanyak tanaman. Ia juga meminta bantuan dari Dinas Pertanian dan Dinas Permukiman untuk memaksimalkan persiapan Lomba Kampung Hebat. Selain itu juga meminta bantuan kepada Dinas Perikanan untuk pembudidayaan lele.

Dampak positif dari perlombaan Kampung Hebat ini adalah RW yang sebelumnya ikut lomba sampai sekarang masih bersih. Contohnya seperti RW 5 yang masih bagus jadi tinggal menanam tanaman lagi untuk menambah keindahan. “Seumpama mau dinilai sekarang sudah siap. Sudah bagus.” Jelas Sarno

Pembagian tugas dilakukan setiap minggunya dengan melakukan kerja bakti. Tujuannya membuat lingkungan menjadi hijau, bersih dan sehat agar mengurangi penyakit. Sehingga banyak orang yang sehat dan panjang umur. (mg9/ton)