Beranda Semarang Raya Semarang Mahasiswa Unnes Punya Lima Hal

Mahasiswa Unnes Punya Lima Hal

0
Mahasiswa Unnes Punya Lima Hal
BERI MOTIVASI : Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Fathur Rokhman ketika memotivasi mahasiswa di kampus Pascasarjana Unnes. (IST)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) harus memiliki lima hal kemampuan saat lulus. Kemampuan ini perlu untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

Lima kemampuan tersebut adalah jiwa kepemimpinan atau leadership, kemampuan menulis, melek teknologi, kemampuan berbahasa asing serta berani mencoba sesuatu yang baru. “Lima hal ini adalah benang merah dan harus dimaksimalkan,” kata Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Fathur Rokhman dalam seminar nasional problematika dan tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0 di kampus Pascasarjana Unnes, Senin (19/11).

Agar mampu memiliki daya saing, lanjut dia, generasi muda tidak hanya memerlukan kecerdasan akademik. Namun juga harys memiliki kemampuan untuk berinovasi dan memiliki keterampilan khusus yang bisa digunakan dalam persaingan dunia kerja. “Juga memiliki kepribadian yang baik dan berkarakter positif,” ujarnya.

Generasi muda, lanjut dia, harus kompetitif. Kurikulum perlu orientasi baru. Sebab adanya era revolusi industri 4.0, tidak hanya cukup literasi lama sebagai modal dasar untuk berkiprah di masyarakat. “Ini bekal untuk menghadapi revolusi industri 5.0,” paparnya.

Selain Prof Fathur Rokhman, pembicara seminar tersebut di antaranya Direktur Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Prof I Gusti Putu Suharta, Direktur Pascasarjana Universitas Gorontalo Prof Asta Aneta, Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Medan Prof Bornok Sinaga, hingga Plt Direktur Pascasarjana Unnes Prof Agus Nuryatin.

“Generasi muda ini perlu mendapatkan dorongan agar bisa atau fasih dalam berbagai bidang keilmuan, misalnya saja teknologi, kepekaan sosial, dengan memiliki sifat toleransi, dan peduli dengan lingkungan,” tambah Agus. (den/ton)