Beranda Semarang Raya Semarang Hadapi Revolusi Industri, Dua Fakultas Hukum Perkuat Pegabdian

Hadapi Revolusi Industri, Dua Fakultas Hukum Perkuat Pegabdian

0
Hadapi Revolusi Industri, Dua Fakultas Hukum Perkuat Pegabdian

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Tingkatkan pengabdian dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Hukum (FH) Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) gandeng kerjasama dengan Fakultas Hukum Al Azhar Indonesia Jakarta, yang dipusatkan di Kampus 1 Jalan Menoreh Tengah X 22/ Sampangan Semarang.

Perjanjian kerjasama tersebut dilaksanakan langsung oleh Dekan FH Unwahas Dr Mastur dan Dekan FH Universitas Al Azhar Indonesia Dr Yusuf Hidayat, yang hadir didampingi Sekretaris Pascasarjana Dr Fokky Fuad. Adapun tujuan kerjasama tersebut lebih kearah peningkatan kelembagaan, Sumber Daya Manasia (SDM), penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Dekan FH Unwahas Dr Mastur, mengatakan, kerjasama tersebut sangat penting untuk kemajuan bersama. Apalagi dalam mengahadapi revolusi industri 4.0 serta peningkatan institusi menghadapi akreditasi baru dengan 9 standar akreditasi program studi. Ia menyinggung sedikit sebelum memasuki revolusi 4.0, lebih dahulu memasuki era revolusi industri 3.0. Dengan demikian khususnya persoalan hukum semakin membanjiri ruang-ruang media sebagai corong daripada teknologi tersebut.

“Di samping itu nalar kritis dan inovasi seakan tidak mendapat dukungan hukum secara penuh, sebaliknya hukum menjadi kebablasan dan terkadang mandul akibat inovasi dan nalar kreatif yang berlebihan dan menimbulkan kerugian terhadap konsumsi publik berupa pembodohan,”jelasnya.

Melalui kerjasama tersebut, menurutnya, sudah selayaknya kehadiran revolusi industri 4.0 disikapi secara cermat dan kritis melalui kajian dan riset yang ilmiah. Dengan begitu, dalam pelaksanaannya siap atau tidaknya Indonesia, hukum harus tetap tajam keatas dan persamaan hukum semakin menguat secara hakikatnya.

“Dibidang hukum kedepan akan tercipta relevansi hukum yang berbasis human digital dan soft skill digital yang mendukung pertumbuhan sumber daya manusia yang berkualitas dan keadilan yang hakiki,”sebutnya.

Sementara itu, Dekan FH Al Azhar Dr Yusuf Hidayat, menambahkan kerjasama dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat tersebut diharapakan berjalan sukses. Selain itu, kedepan antar dosen saling berkolaborasi. Seperti halnya saling tukar menukar artikel artikel untuk diterbitkan di jurnal penelitian dan pengabdian kolaboratif antar kedua fakultas.

Menurutnya, vagaimanapun pemanfaatan dan pertumbuhan teknologi tidak bisa dibendung dan industri mengalami penyesuaian berupa peningkatan efektivitas dan efisiensi. Sehingga sgar tidak terdisrupsi, kolaborasi menjadi kata kunci untuk wujudkan inovasi.

“Inovasi dusruptif merupakan keniscayaan. Kolaborasi lintas disiplin ilmu dan lintas industri menjadi cara agar kita semua dapat menghadapi datangnya revolusi industri 4.0,” ungkapnya

Acara penandatanganan tersebut di akhiri dengan tukar menukar cenderamata dan hasil karya dosen masing-masing fakultas oleh Dekan, disaksikan para dosen yang hadir pada acara tersebut. (jks/ap)