Beranda Semarang Raya Semarang Akper Kesdam Peduli Lansia

Akper Kesdam Peduli Lansia

0
Akper Kesdam Peduli Lansia
Ida Fadilah/Jawa Pos Radar Semarang TAMBAH USIA : Kegembiraan mahasiswa dan civitas akademika Akper Kesdam IV/Diponegoro memperingati Dies Nastalis ke-24.

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Akademi Keperawatan (Akper) Kesdam IV/Diponegoro mengangkat tema “Menyehatkan Masyarakat Secara Holistic” dalam peringatan Dies Natalis ke-24. Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan kepada para lansia belum lama ini. Meliputi pemeriksaan tekanan darah untuk mendeteksi hipetensi, pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi diabetes militus, dan pemeriksaan kepadatan tulang untuk mendeteksi osteoporosis.

“Ternyata beberapa lansia di kelurahan Kembangarum ada yang tidak menyadari sakitnya, mereka menganggap ini adalah penyakit tua padahal bisa mengakibatkan fatal. Mereka biasa menyebut angin duduk padahal itu gejalanya sudah lama tapi tidak diperhatikan,” terang Ketua Panitia, Margiyati. Selain peduli dengan lansia, Akper juga mengadakan lomba Palang Merah Remaja (PMR) tingkat wira untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya.

Wakakesdam IV/Diponegoro Letkol CKM dokter Ardy Pasmawi mengatakan, di usia yang ke-24 ini harus memjadi lebih baik. “Refleksi diri, flashback ke belakang jadi selama 24 tahun ini apa yang sudah kita lakukan. Setelah itu masa sekarang, kita harus merenungkan diri, dan terakhir di masa yang akan datang kita mau jadi apa,” ujarnya. Di usia yang semakin tua, Akper berharap dapat menjadi Stikes kemudian beralih ke Universitas. (cr5/ton)