Beranda Semarang Raya Semarang Pusing Banyaknya Sampah, Ibu-Ibu di Tembalang Wujudkan Bank Sampah

Pusing Banyaknya Sampah, Ibu-Ibu di Tembalang Wujudkan Bank Sampah

0
Pusing Banyaknya Sampah, Ibu-Ibu di Tembalang Wujudkan Bank Sampah
KELOLA SAMPAH : Bank Sampah Sri Rejeki di RW 7 Kelurahan Tembalang bisa menambah penghasilan warga. (ISNA LETIDIA PUTRI/RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG –Kelurahan Tembalang Kecamatan Tembalang mendaftar dua kategori dalam Lomba Kampung Hebat 2019-2020. RW 7 ikut dalam kategori Kampung Bersih, Hijau, dan Sehat sedangkan RW 3 dalam kategori Kreatif dan Inovatif.

Lurah Tembalang Maryono mengatakan, masalah terbesar di kelurahan Tembalang ialah sampah. “Kan kelurahan Tembalang itu penduduknya yang tetap, yang NIK-nya di sini sekitar 5.700 sedangkan yang non-permanen kurang lebih 29.000-an orang. Itu terdiri dari mahasiswa Polines dan Undip. Apabila tiap orang mempunyai sampah setengah kilo, jadi berton-ton sampah akan menumpuk,” ujarnya.

Dengan munculnya permasalahan sampah tersebut, tercipta bank sampah yang diprakarsai ibu-ibu di RW 7. Sri Rejeki, begitulah bank sampah tersebut. Pada rapat PKK, Titin Ubayanti mencetuskan ide untuk membuat bank sampah.

“Awalnya kami belum bisa langsung membuat bank sampah, masih berupa pilah sampah. Kami bekerja sama dengan pengepul untuk memulai aksi tersebut. Cara kerjanya ialah para warga membawa minimal 2 botol bekas. Kemudian, dipilah untuk dijual. Setelah satu tahun berjalan, ternyata hasil yang didapatkan lumayan banyak. Kami pun mantap membuat bank sampah dan juga sekalian membuat tabungan simpan pinjam,” jelas Titin.

Sementara RW 3 unggul di bidang UMKM. Banyak pembuat kerajinan tangan. Adapun bahan yang digunakan juga memanfaatkan limbah-limbah plastik dan kertas untuk dijadikan bunga dan tanaman hias. (mg5/ton)