Pasang 10.293 CCTV di Tingkat RT

113

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Pemasangan 10.293 CCTV di tingkat RT se-Kota Semarang telah dimulai. Tiap RT akan dipasang satu CCTV. Program tersebut untuk meningkatkan keamanan dan pengamanan.

“Ini sudah proses pemasangan. Jadi semuanya sudah klik E-Katalog jumlahnya 10.293,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang, Bambang Pramusinto Senin (21/10).

Menurut Bambang, proses pemasangan di sejumlah kecamatan sudah rampung. Namun kecamatan yang memiliki wilayah administrasi yang luas dan jumlah RT yang padat sampai sekarang masing dalam proses.“Seperti Gunungpati masih agak lama,” tuturnya.

Melalui CCTV, nantinya Pemkot Semarang akan mudah melakukan monitor dan mendeteksi wilayah yang rawan kejahatan. Selain masalah keamanan, juga memantau kebencanaan.
Pengadaan CCTV tersebut menelan anggaran sebesar Rp 41 miliar. “Kami hanya bertugas mengurusi permasalahan teknis saja. Anggaran diberikan ke masing-masing kecamatan,” tuturnya.

Untuk penentuan spot pemasangan, diserahkan kepada masing-masing RT. Pemasangan dilakukan secara menyeluruh di setiap RT, untuk menghindarkan kecemburuan jika hanya di RT tertentu saja. “Semuanya diintegrasikan ke Diskominfo melalui monitoring room. Jumlah CCTV di setiap kecamatan akan berbeda-beda, tergantung jumlah RT yang ada,” tegasnya.
Terpisah, Ketua Komisi A DPRD Kota Semarang Fajar Rinawan mendukung program eksekutif yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat luas. “Prinsipnya kita akan support itu yang penting pro rakyat,” ujar Fajar.

Meski begitu, ia menilai jumlah tersebut masih jauh dari ideal. “Dalam menjaga keamanan tentunya kalau kita bicara ideal masih kurang, tapi paling tidak ini jelas membantu karena satu RT cuma ada satu CCTV,” tutur Politisi PDIP tersebut. (ewb/mg9/zal)