Mugassari Mendaftar Semua Kategori

157
SUDAH MENDAFTAR : Perwakilan Kelurahan Mugassari Kecamatan Semarang Selatan saat mendaftar di kantor Jawa Pos Radar Semarang, Senin (21/10). (PRATONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SUDAH MENDAFTAR : Perwakilan Kelurahan Mugassari Kecamatan Semarang Selatan saat mendaftar di kantor Jawa Pos Radar Semarang, Senin (21/10). (PRATONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Jumlah pendaftar Lomba Kampung Hebat 2019-2020 terus bertambah. Beberapa kelurahan sudah mengirimkan formulir pendaftaran ke Jawa Pos Radar Semarang. Ada yang ikut satu kategori, dua kategori, tiga kategori bahkan empat kategori.

Kelurahan Mugassari Kecamatan Semarang Selatan merupakan kelurahan yang akan ikut di semua kategori. Lurah Mugassari Sri Suhartini sudah menandatangani dan mengirimkan formulir pendaftaran ke panitia, Senin (21/10).

Dalam formulir pendaftaran tersebut, Sri Suhartini membeberkan, ada empat kampung yang siap berkompetisi dengan kampung-kampung lain di Kota Semarang. RW 3 telah mendaftar untuk kategori Kampung Pintar. RW 6 didaulat untuk bersaing di Kampung Kreatif dan Inovatif. Lalu RW 4 untuk Kampung Pancasila. Sementara RW 5 berkompetisi di Kampung Bersih, Hijau dan Sehat.

Kelurahan Kramas Kecamatan Tembalang juga tak kalah semangatnya mendaftar dalam kompetisi antarkampung yang digelar Jawa Pos Radar Semarang dan Pemkot Semarang ini. Lurah Kramas Bambang Sularso sudah menetapkan dua kampung untuk ikut dalam Lomba Kampung Hebat. RW 1 ditunjuk sebagai wakil di kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat sementara RW 3 di Kampung Pancasila. “Kami mendaftar di dua kategori dan siap mengikuti lomba,” tutur Ketua RW 3 Kelurahan Kramas Rochim yang kemarin mengumpulkan formulir pendaftaran.

Ketua Panitia Lomba Kampung Hebat 2019-2020 Sugiyanto Wiyono berharap lurah-lurah yang belum mendaftar untuk bisa segera mengumpulkan formulir pendaftaran. Setiap kelurahan bisa mendaftarkan lebih dari satu kampung dengan kategori yang berbeda-beda.

“Tentu dengan mendaftarkan lebih dari 1 kategori, peluang untuk mendapatkan juara umum dengan gelar Best Awarding Kelurahan Terhebat semakin besar,” jelasnya.

Juara pertama untuk masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 5 juta dan pembangunan infrastruktur senilai hingga Rp 200 juta. Sementara untuk juara kedua mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 4 juta dan juara ketiga uang pembinaan Rp 3 juta. Sedangkan untuk juara umum best award Kelurahan Terhebat mendapatkan uang pembinaan Rp 5 juta, pembangunan infrastruktur dan studi banding ke luar negeri. Sehingga hadiah total termasuk dalam bentuk proyek lebih dari Rp 1 miliar.

Pendaftaran peserta akan dibuka hingga 28 Oktober 2019. Penjurian tahap pertama akan dilakukan pada 2 Januari hingga 15 Februari 2020 untuk mendapatkan 36 wakil dari 4 kategori yang maju ke tahap selanjutnya. Penjurian tahap kedua rencananya akan dilaksanakan pada 16 Maret sampai 10 April 2020. Dan pengumuman pemenang akan dilakukan saat peringatan HUT ke-473 Kota Semarang pada 2 Mei 2020. “Selama masa pelaksanaan Lomba Kampung Hebat, kegiatan para peserta akan diberitakan di Jawa Pos Radar Semarang secara bergantian,” kata Sugiyanto. (ton)