Pasang Pompa Air Khusus Semarang Barat

116
PDAM: Jajaran Direksi Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang saat melakukan sidak di beberapa titik Semarang Barat kemarin. (ISTIMEWA)
PDAM: Jajaran Direksi Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang saat melakukan sidak di beberapa titik Semarang Barat kemarin. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Antisipasi tekanan air ke pelanggan menurun, Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang menambahkan pompa inline booster khususnya di wilayah Semarang Barat.

Dirut PDAM Kota Semarang Yudi Indarto mengatakan, penambahan inline booster memang masih dibutuhkan khusus untuk wilayah Semarang Barat. “Karena memang tekanannya berkurang,” tutur Yudi Kamis (10/10).

Melalui pompa penambah tekanan tersebut akan lebih memaksimalkan suplai air bersih ke semua pelanggan. Khususnya wilayah Semarang Barat yang memiliki jumlah pelanggan sampai 5.000 rumah. Pemasangan dilakukan di Ronggolawe, diharapkan suplai air bersih ke pelanggan di Puri Anjasmoro, Kelurahan Kerobokan, Semarang Indah, tidak mengalami kendala lagi.

Pihaknya juga melakukan tinjauan langsung ke wilayah-wilayah tersebut. Persoalan suplai air ke pelanggan lebih kepada tekanan air yang menurun. “Tadinya kita khawatir ada penurunan debit dan tekanan di wilayah Semarang Barat. Ternyata tidak, lebih ke persoalan tekanan saja,” katanya.

Untuk debit air sendiri saat ini masih tergolong normal. Dikatakan Yudi, jika menilik dari sejarahnya, tekanan air di wilayah Semarang Barat memang relatif selalu rendah. “Karena jangkauan pelayanan di sana paling jauh, jika diukur dari sumber air bersih. Sehingga tekanannya rendah,” tuturnya.

Diketahui, sumber air bersih untuk wilayah tersebut berasal dari air baku Kaligarang. “Bukan dari sebuah mata air,” ujarnya.

Selain persoalan tekanan ternyata juga ditemukan adanya penyumbatan di saluran yang mengalir ke wilayah Kelurahan Krobokan. “Kita temukan setelah melakukan penelusuran,” ujarnya.

Selain itu juga ditemukan persoalan lain lagi yaitu beberapa pelanggan menggunakan pompa dari jalur meteran air. “Itu bisa menganggu saluran air pelanggan lainnya, itu larangan dan sudah kita peringatkan,” ujarnya. Pemasangan pompa inline booster sendiri akan dilakukan secepatnya. (ewb/zal)