Dorong Penyempurnaan Mobil Esemka

92

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Gubernur Ganjar Pranowo sangat mendukung keberadaan mobil esemka sebagai mobil karya anak bangsa. Bahkan mobil ini rencananya akan didorong untuk menjadi kendaraan dinas.

Gubernur mendorong mobil esemka terus melakukan penyempuraan. Karena penyempurnaan demi penyempurnaan memang perlu untuk terus dilakukan.

Gubernur mengatakan, memang, merk nasional akan menghadapi persaingan politik dengan merk-merk asing.  Ketika tidak ada merk nasional, maka merk-merk asing yang akan meraup keuntungan. ”Maka kita harus memulainya dari sekarang,” ujarnya.

Dengan siapapun kerja samanya, yang penting adalah memulai terlebih dahulu untuk memiliki mobil merk nasional. Sembari melakukan perbaikan dengan transfer pengetahuan dan teknologi. Sehingga, nantinya mobil ini akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

”Kijang dan Avanza sudah. Sekarang lokal kontennya lebih tinggi. Bahwa brand masih menggunakan asing seperti produk alas kaki kita, itu nggak masalah. Brand memang masih dunia tapi sebenarnya  yang produksi dari Indonesia,” katanya.

Sekarang, tinggal mau menggunakan brand apa. Apakah brand sendiri dengan branding yang bagus dan bisa laku. Atau dengan kerja sama dengan pihak luar. ”Kalau harus bertahap dan kerja sama ya kerja sama. Karena kita belum mampu membuat sendiri,” ujarnya.”Untuk mobil dinas, nanti kita coba dulu,” pungkasnya. (sga/zal)