Populerkan Jazz ke Generasi Milenial

71

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Mengenalkan kepada generasi milenial, Soegijazz kali kelima akan segera digelar. Event musik tahunan yang digagas oleh Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata ini memang bertujuan mempopulerkan musik tersebut ke kalangan mahasiswa.

Seperti diketahui, saat ini musik-musik kalangan milenial lebih didominasi EDM. Ketua pelaksana Soegijazz 2019 Christian Moniaga menjelaskan nantinya konsep yang akan diusung yaitu festival dan belajar.

“Selain bermusik selama 12 jam yang diselenggarakan pada 28 Agustus mendatang, juga ada coaching clinic di sore hari,” ujarnya, saat ditemui di kampus Unika, Selasa (20/8). Selain lokal, musisi jazz nasional juga dijadwalkan akan ikut meramaikan event tahunan tersebut.

Di antaranya Dira Sugandhi dan Ardhito Pramono. “Serta beberapa musisi Semarang dan musisi muda yang akan mengisinya,” katanya. Nantinya untuk konsep festival, dua panggung akan didirikan. Di mana dua panggung tersebut akan saling berhadapan.
Konsep tersebut bertujuan supaya para musisi jazz bisa tampil secara maksimal. Dua panggung tersebut bernama panggung komunitas dan panggung utama. Panggung komunitas, digunakan bagi komunitas jazz yang ingin tampil.

Sementara panggung utama untuk penampil utama di Soegijazz. “Dua panggung di Gedung Yustinus dan Thomas Aquinas. Supaya ada varian Jazz yang tampil,” katanya. Selain itu konsep belajar berupa coaching clinic diharapkan semakin meningkatkan minat para generasi milenial akan music jazz.

Dari sisi lokal, panitia juga menggandeng komunitas Jazz Ngisor Ringin Semarang. Dimana pelaku music jazz lokal itu akan memberikan pembelajaran kepada tiap mahasiswa disela-sela pertunjukan berlangsung.

“Coaching clinic berupa pembelajaran terkait jazz dan pelatihan singkat itu langsung dalam bentuk kelompok musik,” ujarnya. Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata, Danang Setianto menuturkan melalui Coaching clinic para penikmat juga akan memperoleh ilmu music jazz.

“Ada kesempatan musisi muda belajar memainkan nada musik Jazz berkolaborasi dengan pemusik senior,” katanya. (ewb/ap)