Nojorono dan Ganjar Tanam Mangrove

459
KONSERVASI- Prof Sudharto (kiri), Ganjar Pronowo, Presdir PT NTI Stefanus J.J Batihalim (kedua dari kanan) saat menanam mangrove di Mangunharjo, kemarin.

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Tumbuhan mangrove atau pohon bakau, sangat berguna menahan abrasi pantai sekaligus menjaga ekosistem ikan. Karena itu fungsinya sangat penting. Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pronowo, pertumbuhan ikan yang baik ini juga akan menunjang ekonomi nelayan atau masyarakat pesisir.

“Ikan di sekitar lahan bakau akan berkembang lebih banyak karena alamnya mendukung. Selain itu, pohon bakau sendiri manfaatnya banyak sekali. Bisa dipakai untuk minuman atau sirup, atau kripik bakau,” paparnya saat mengawali penanaman 15.000 bibit mangrove yang dilakukan Pengrov Jateng bersama PT Nojorono Tobacco International (NTI), di desa Mangunharjo, Sabtu kemarin.

Kegiatan bertajuk Nojorono Peduli Lingkungan: Konservasi Mangrove, merupakan salah satu bidang CSR dari PT NTI. Turut hadir Presiden Direktur (Presdir) PT NTI Stefanus J.J Batihalim, tokoh lingkungan Profesor Sudharto, dan juara Asia’s Next Top Model tahun 2015 Ayu Lestari Putri Gani.

Menurut Ganjar, ketika masyarakat di Semarang dan pantai utara banyak protes terjadi rop, itu karena perilaku sebagian masyarakat yang justru mempercepat penurunan tanah sehingga terjadi rob.

“Memang ada karena (faktor) alamnya, tapi kita ikut berkontribusi. Juga dalam pengambilan air tanah dan pemanasan global. Dan hal ini disempurnakan dengan membuang sampah sembarangan,” sindirnya.

Oleh karena itu, Ganjar mengajak semua fihak berperan aktif penanganan lingkungan. “Kita perlu ikhtiar lebih keras, khususnya di pantai utara. Saya berusaha hadir menyemangati kegiatan konservasi seperti ini,” paparnya.

Stefanus J.J Batihalim, menguraikan, adanya tumbuhan mangrove sangat berpengaruh dalam ekosistem pesisir pantai. “Sebagai komitmen perusahaan kami tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, kegiatan ini langkah nyata kami ikut menyelamatkan lingkungan kawasan pantai dan pesisir,” tuturnya.