Polretabes Semarang Amankan Ganja 30 Kilogram di Jalan Tol Manyaran

494
KEMASAN RAPI: Barang bukti paket ganja yang dikemas dalam plastik dengan total sebanyak 30 Kilogram.

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Polrestabes Semarang berhasil menyita 30 Kg ganja pada Jumat (12/7) sekitar pukul 02.00 Wib. Satu jenis narkotika dan obat/bahan berbahaya (narkoba) tersebut berhasil diamankan di sebuah bus di ruas Jalan Tol Manyaran Semarang. Barang bukti dikemas paketan dalam kardus.

Dari pengungkapan pengembangan kasus ini, polisi mengamankan dua orang tersangka. Keduanya adalah Kukuk Endit Prasetyo, warga beralamat Kelurahan Ponggok Kabupaten Blitar dan Abdul Basir, 41, warga Kelurahan Terungkulon Kecamatan Krian Sidoarjo. Mereka ditangkap saat melakukan pengambilan paket sebuah ekpedisi di Kota Surabaya, pada Jumat (12/7) sekitar pukul 15.30.

“Tersangka dua orang, pengedar. Masih kita kembangkan, untuk mengetahui siapa pemiliknya,” ungkap Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji, di kantornya kepada RADARSEMARANG.ID, Kamis (18/7) kemarin.

Ganja tersebut dikemas sebanyak 30 bungkus dengan berat masing-masing 1 kg. Untuk mengelabuhi petugas, ganja tersebut dikemas dalam bungkusan plastik warna hitam yang di dalamnya dibumbui dengan kopi untuk mengurangi aroma narkotika tersebut.

“Pengungkapan ini berawal adanya informasi terkait pengiriman paket ganja yang dikirim dari Jakarta ke Jawa Timur menggunakan bus penumpang. Setelah kita tindaklanjuti laporan tersebut, anggota kami melakukan penghadangan bus yang membawa paket ganja tersebut. Barang bukti yaNg kita amankan 30 kg ganja kering,” katanya.

Selain itu, petugas juga mengamankan sebuah unit mobil Nissan Grand Livina bernopol BK 1760 JH. Dari pengungkapan ini, dua orang tersangka masih ditahan di Mapolrestabes Semarang untuk diproses hukum lebih lanjut dan pengembangan. (mha/ap)