PAN Bidik Rustriningsih, Gerindra Kaget

1845
WAHYU KRISTANTO
WAHYU KRISTANTO

“Berbagai pertimbangan telah kami lakukan, dan pandangan kami mengerucut pada Rustriningsih untuk mendampingi Sudirman Said,” Ketua DPW PAN Jateng, Wahyu Kristianto.

SRIYANTO SAPUTRO
SRIYANTO SAPUTRO

. “Sah-sah saja, tapi kalau kami justru belum mengarah ke Rustriningsih,” Ketua Desk Pilkada DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro.

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Partai Amanat Nasional (PAN) membidik mantan Wakil Gubernur Jateng, Rustriningsih untuk dipasangkan dengan Sudirman Said pada Pilgub Jateng, 2018 mendatang. Pasangan ini digadang-gadang mampu menyapu suara di Jateng bagian Selatan.

Ketua DPW PAN Jateng, Wahyu Kristianto mangaku, nama Rustriningsih telah diajulan ke tingkat DPP. “Berbagai pertimbangan telah kami lakukan, dan pandangan kami mengerucut pada Rustriningsih untuk mendampingi Sudirman Said,” jelasnya, Rabu (3/1).

Banyak pertimbangan yang membuat partai ini memnbidik Rustri. Utamanya mengenai integritas dan leadhirship Rustri yang diangap masih mumpuni. Selain itu, Rustri masih menjadi idola di Jateng bagian Selatan. Meski begitu, dia tidak bisa menjamin usulan itu bakal diterima. Sebab, koalisi pengusung Sudirman Said teridiri dari tiga parpol. Bagaimana pun, pemilihan wakil gubernur ini tetap mejadi keputusan bersama. “Keputusan tetap berada di tangan koalisi, maksimal Minggu ini akan ada keputusan,” ucapnya.

Ketua Desk Pilkada DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro mengatakan, sejumlah nama mulai muncul untuk mengisi posisi calon wakil Gubernur mendampingi Sudirman Said. Seperti Gus Yusuf Chudlori, Gus Taj Yasin, Gus Majid Kamil yang merupakan putra dari KH Maimun Zubair, serta Ferry Juliantono (Gerindra). “Tapi untuk keputusan final ada di DPP, siapa yang akan mendampingi pak Sudirman,” katanya.

Terkait dengan nama Rustiningsih yang mulai muncul, Sriyanto mengaku cukup kaget. Sebab, dari Gerindra dan dua parpol pengusung sendiri nama Rustriningsih masih belum masuk radar. Namun, semua tetap dipertimbangkan mengingat masih ada waktu sebelum mendaftarkan di KPUD Jateng. “Sah-sah saja, tapi kalau kami justru belum mengarah ke Rustriningsih,” tambahnya.

Pengamat dari Universitas Muhammadiyah Semarang, Eni Winaryanti menambahkan, sosok pengalaman Rustri sebagai Bupati Kebumen dan Wakil Gubernur Jateng mendampingi Bibit Waluyo, telah menggemblengnya jadi tokoh. Keteguhannya dalam menjalankan roda pemerintahan telah memikat hati banyak tokoh.

“Gaya kepemimpinan Rustriningsih sangat kental nuansa seninya. Sudah semestinya Rustri menandai kembalinya peran perempuan dalam pembangunan Jateng,” ujarnya. (amh/fth/zal)