Beranda Semarang Raya Semarang Pengelola Destinasi Didorong Tingkatkan Performance

Pengelola Destinasi Didorong Tingkatkan Performance

0
Pengelola Destinasi Didorong Tingkatkan Performance
INSAN PARIWISATA : Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Urip Sihabudin (lima dari kanan) berfoto bersama para pemenang Anugerah Abiwara Pariwisata Jawa Tengah 2017. (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang)

SEMARANG – Pariwisata Jawa Tengah diharapkan mempunyai daya saing yang unggul baik di tingkat nasional maupun internasional. Pengelola daya tarik wisata, baik dari sektor pemerintah maupun swasta dituntut terus meningkatkan performance dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Urip Sihabudin di sela Malam Anugerah Abiwara Pariwisata Jawa Tengah 2017 yang digelar di Aston Semarang Hotel and Convention Center, Jumat (17/11) malam. Menurut Urip, ajang pemberian penghargaan ini bertujuan memberikan apresiasi kepada insan pariwisata yang concern terhadap pembangunan pariwisata Jawa Tengah. “Kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sektor pariwisata, meningkatkan lapangan kerja, serta mengenalkan sekaligus mempromosikan kearifan lokal dan potensi destinasi pariwisata Jawa Tengah,” ujarnya.

Selain pengelola daya tarik wisata, penghargaan juga diberikan kepada fotografer, media, lembaga, dan penulis yang dianggap berkontribusi terhadap pembangunan pariwisata.

Dikatakannya, ajang tersebut diikuti oleh 35 kabupaten/kota di provinsi ini. Kriteria penilaiannya untuk kategori daya tarik wisata meliputi tingkat kunjungan, tren kunjungan, dan upaya menarik kunjungan. Selain itu juga manajemen, organisasi dan kelembagaan, struktur organisasi, SDM, SOP, program, visi misi, serta sapta pesona.

Penghargaan daya tarik wisata yang dikelola swasta diperoleh Purbasari Pancuran Mas, Purbalingga, Umbul Sidomukti, Semarang, Santosa Stable, Kendal, Umbul Ponggok, Klaten, Pantai Menganti, Kebumen, dan Dream Land Park, Banyumas.

Sementara daya tarik wisata dikelola pemerintah dimenangkan Loka Wisata Baturraden, Banyumas, Owabong, Purbalingga, Museum Sangiran, Sragen, Ketep Pass, Magelang, Kiai Langgeng, Magelang, dan Museum Batik, Pekalongan.

Sedangkan kategori Insan Pariwisata didapat Media : Net TV, Lembaga Pariwisata : Pesona Magelang, Fotografer : Raditya Mahendra Yasa, dan Penulis : Adhitia Armitrianto. (ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.