Beranda Semarang Raya Semarang Cari Kerja, 3 Gadis Asal Kendal Tertipu

Cari Kerja, 3 Gadis Asal Kendal Tertipu

0

SEMARANG – Tiga gadis asal Kendal menjadi korban penipuan dengan modus mencarikan pekerjaan. Mereka tak hanya gagal mendapatkan pekerjaan, tapi juga harus kehilangan uang, perhiasan, serta handphone yang dibawa kabur pelaku tak dikenal.

Ketiga gadis apes tersebut adalah Puji Astuti, 19; Ike, 20, dan Indahsari, 19. Mereka ditelantarkan setelah seluruh barang berharganya dibawa kabur pelaku yang menjanjikan hendak mencarikan pekerjaan.

”Surat lamaran, KTP, HP, cincin, uang sekitar Rp 250 ribu serta tas, semua dibawa lari pelaku,” ujar kesal Puji Astuti, warga Gemuh, Kendal saat melaporkan kejadian tersebut di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, Rabu (26/10).

Gadis berkerudung ini menceritakan, kejadian itu bermula ketika dia bersama dua temannya datang ke Kota Semarang untuk mencari kerja di Kawasan Industri Wijayakusuma, Tugu, Semarang.

Di kawasan pabrik tersebut, ketiganya berjumpa dengan seorang pria tak dikenal. Pria tersebut mengaku bisa memasukkan ketiga korban bekerja di perusahaan garmen di bagian pengepakan.

”Orangnya naik motor Honda Vario, katanya dia (pelaku) bisa memasukkan kerja,” jelasnya.

Para korban tidak menaruh curiga kepada pelaku. Selanjutnya para korban diajak bertemu di Jalan Pemuda, tepatnya di halte bus depan SMA Negeri 5 Semarang.

”Sampai di halte, dia jemput saya. Diboncengkan satu-satu. Barang-barangnya suruh ngumpulkan satu-satu, dan minta dimasukkan ke jok motor orang itu,” katanya.

Para korban dibawa melintasi Jalan Pandanaran dan masuk ke perkampungan di wilayah Pekunden Semarang Tengah. Sampai lokasi itu, para korban diturunkan di pinggir jalan di tempat yang berlainan. 



”Saya diturunkan di Indomaret, terus dia naik motor lagi, alasannya jemput teman saya. Tapi, ternyata tidak kembali. Teman saya juga gitu, dijemput suruh turun jalan, bilangnya mau jemput, tapi tidak kembali,” ujarnya.



Para korban beruntung bisa bertemu kembali di sekitar Tugu Muda, setelah mendapat petunjuk dari warga untuk melapor ke pos polisi Tugu Muda. Selanjutnya, mereka diarahkan melapor ke Polrestabes Semarang. 

Kasus serupa belum lama ini juga terjadi. Korbannya gadis asal Kendal dan Demak, yang juga ditelantarkan di jalan. Saat itu, uang sebesar Rp 4,8 juta milik korban berhasil dibawa kabur pelaku. Diduga pelakunya sama.

Kasubag Humas Polrestabes Semarang, Kompol Suwarna, mengatakan, pihaknya masih mengusut kasus tersebut. Ia berharap pelakunya bisa segera tertangkap. ”Jangan sampai ada korban lain. Kami masih melakukan penyelidikan, karena sudah ada beberapa laporan dengan kasus serupa,” katanya. (mha/aro/ce1)