Beranda Semarang Raya Semarang Jangan Hanya Jadi Pencitraan

Jangan Hanya Jadi Pencitraan

0

RENCANA Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kembali melakukan lelang jabatan di lingkungan Provinsi Jateng mendapat tanggapan dari Sekretaris Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jateng, Eko Haryanto.

Dia menilai, hal itu merupakan langkah yang baik untuk mengisi kekosongan jabatan. Namun Eko menekankan agar lelang jabatan tersebut bukan bagian dari pencitraan Ganjar.

”Lelang jabatan merupakan bagian dari reformasi birokrasi dan menjadi tanggung jawab kepala daerah,” ungkapnya kepada Radar Semarang, Rabu (5/11) malam.

Karena itu, lanjut Eko, pelaksanaannya harus dilakukan secara transparan dan bebas dari nepotisme.
Belajar dari lelang jabatan sebelumnya, Eko menilai masih kentalnya aroma ”UGM sentris” yang dilakukan Ganjar dalam menentukan pejabat peserta lelang yang dipilih menduduki jabatan tertentu.

”Selain itu, pelaksanaannya juga harus terbuka, dan yang bersangkutan (Ganjar Pranowo, Red) tidak antikritik,” katanya.
Eko menambahkan, yang terpenting dari pelaksanaan lelang jabatan adalah adanya transparansi dan keterbukaan. Dalam hal ini, masyarakat juga harus dilibatkan. Mereka berhak tahu segala informasi, dan dapat memantau pelaksanaan lelang jabatan tersebut.

”Sehingga mereka dapat melihat dengan jelas track record dari semua yang ikut lelang jabatan. Yang namanya terbuka, siapa pun dapat mengikuti asalkan memenuhi kualifikasi,” tandasnya. (fai/aro/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.