Siklus Telur Cacing dalam Rangkaian Foto

230

SIMPANG LIMA – Telur cacing merupakan bagian dari siklus cacing yang perkembangannya sangat mengganggu manusia. Keberadaan telur cacing ini mewakili keberadaan organisme yang bisa menyebabkan penyakit. Sebagai kampanye terhadap pentingnya jamban dan sanitasi bersih, digelar pameran foto siklus cacing di Plaza Simpanglima lantai 6. Sekitar 160 foto yang dipamerkan menceritakan perkembangbiakan 6 spesies cacing pada kotoran manusia.
Ketua Yayasan Wahana Bakti Sejahtera (YWBS) Budi Laksono mengatakan kegiatan tersebut merupakan gerakan kampanye tentang pentingnya jamban dan sanitasi bersih bagi manusia dengan model pameran foto.
“Sebelumnya kami melakukan penelitian dan pemeriksaan tinja selama 3 bulan di Kota Semarang. Dengan jamban dan sanitasi seadanya ternyata terdapat bakteri yang tentunya bisa menyebabkan penyebaran penyakit melakui siklus telur cacing ini,“ katanya. Telur cacing merupakan polutan terganas di Indonesia karana menyebabkan kematian lebih 165 ribu orang per tahun dan penyakit diare sebanyak 750 juta per tahunnya.
Menurut Budi, masih banyak warga di Kota Semarang belum memiliki jamban dan sanitasi bersih. Padahal kotoran manusia yang telah dihinggapi oleh cacing, bisa menyebabkan penyebaran berbagai macam penyakit. “Di Jateng, kami sudah melakukan pembangunan jamban sebanyak 1.189 unit, tapi itu belum cukup, lantaran masih banyak warga yang belum sadar akan pentingnya jamban,“ paparnya.
Sementara itu, Charisna Neila, 21, salah satu pengunjung berpendapat, pameran foto dapat memberitahu pentingnya menjaga kebersihan dan kepemilikan jamban. “Saya baru tahu jika cacing itu bisa menjadi faktor penyebaran penyakit jika berkembang melalui kotoran manusia. Jadi kita bisa lebih tahu tentang fungsi jamban sebenarnya,“ ucapnya. (den/ton/ce1)