Jalin Kebersamaan lewat Catur Manusia

224

SIMONGAN — Ada pemandangan tidak seperti biasanya di halaman kantor PT Phapros Jalan Simongan Raya, Semarang Barat, Kamis (22/5) sore kemarin. Sekitar 40-an orang mengenakan pakaian warna-warni serta atribut wayang dan kuda lumping berdiri di dalam kotak warna hitam-putih yang tersusun seperti papan catur. Mereka membawa bungkusan plastik yang di dalamnya berisi tepung. Tepung tersebut digunakan untuk diusapkan ke muka peserta yang lain.
Ya, mereka adalah karyawan PT Phapros, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Group yang sedang bermain olahraga catur manusia. Kegiatan itu digelar dalam rangka merayakan ulang tahun Phapros ke-60. Acara diawali dengan menerbangkan balon ke udara. Meski sempat diguyur hujan, para peserta catur manusia ini tetap bersemangat. Mereka rela basah kuyup demi satu kata: kebersamaan.
Ketua panitia kegiatan, Sardjana, mengatakan, acara yang digagas oleh dirinya itu bertujuan untuk memelihara rasa kebersamaan antarkaryawan. ”Ini adalah bentuk olahraga yang dapat memelihara rasa kebersamaan kita dengan karyawan yang lain,” katanya kepada Radar Semarang.
Karyawan yang mengikuti acara tersebut berasal dari beragam posisi di PT Phapros. Ada manajer, administrasi, office boy (OB), satpam, staf, serta karyawan-karyawati dari divisi lainnya.

Erfan Rio Prananto yang juga wakil ketua panitia mengatakan, perayaan ulang tahun PT Phapros kali ini memang sengaja dibuat sangat unik. ”Ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita ingin membuat sesuatu yang beda di tahun ini,” ujar Erfan.
Menurutnya, ini merupakan momen istimewa di mana ulang tahun PT Phapros kali ini diisi dengan acara yang tidak seperti biasanya. Menurut dia, tema game yang diambil kali ini juga bertujuan untuk menyehatkan masyarakat. ”Ini sesuai tema ulang tahun Phapros, yakni 60 Tahun Phapros Menyehatkan Bangsa. Kami awali dengan game yang menyehatkan diri sendiri sebelum nantinya ke masyarakat sekitar,” katanya. (mg1/aro/ce1)