Buat Nyaman Warga Lanjut Usia, Yuliyanto: Kami Fasilitasi dengan APBD

150
BAKTI SOSIAL: Wali kota Yuliyanto usai menyerahkan bingkisan kepada para pejuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Ngronggo, Argomulyo. (ISTIMEWA)
BAKTI SOSIAL: Wali kota Yuliyanto usai menyerahkan bingkisan kepada para pejuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Ngronggo, Argomulyo. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Wali Kota Salatiga, Yuliyanto melalui Dinas Sosial (Dinsos) memfasilitasi panti yang menampung warga lanjut usia ini dengan dana APBD. Tujuannya agar kebutuhan sandang, pangan, maupun keperluan lainnya dapat tercukupi.

“Kepedulian pemerintah terhadap panti wreda senantiasa kita tingkatkan, agar pelayanan terhadap penghuninya bisa semakin baik. Untuk itu, melalui Dinas Sosial, panti-panti yang menampung warga lanjut usia difasilitasi dengan dana APBD,” ujar Wali Kota didampingi Sekda Fakruroji, selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Salatiga, saat mengunjungi dan memberikan santunan kepada panti wreda dan warga lanjut usia, di Panti Wreda Salib Putih, Rabu (27/11) sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-48 KORPRI di Kota Salatiga.

Panti Wreda Salib Putih saat ini dihuni oleh 23 warga lanjut usia, namun demikian masih ada beberapa panti wreda lain yang dikelola secara mandiri. Selain panti wreda, Wali Kota bersama Sekda Kota Salatiga beserta jajarannya, juga menyambangi TPA Ngronggo di Kelurahan Kumpulrejo. Sebagai tanda terima kasihnya kepada para pejuang sampah yang sudah merawat dan menjaga kebersihan lingkungan di Kota Salatiga, Wali Kota dan Sekda menyerahkan bantuan berupa gerobag sampah dan bingkisan.”Sebagai tanda cinta kami kepada para pejuang sampah, kami akan menambah extra fooding sebesar sepuluh ribu rupiah per hari,” tandas Wali Kota.

Untuk diketahui, selama ini terdapat sekitar seratus tenaga pengelola sampah di TPA Ngronggo, dengan penghasilan Rp 20.000 per hari. Dengan adanya extra fooding, maka penghasilan mereka akan menjadi Rp 30.000 per hari.

Masih dalam rangkaian peringatan HUT KORPRI, kunjungan berikutnya menuju Lapas Kelas IIB, di Jl Yos Sudarso Salatiga. Pada kesempatan ini, Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Dewan Pengurus KORPRI yang tidak pernah lupa untuk melakukan kegiatan bakti sosial.

Di Lapas, Wali Kota pun mengajak seluruh warga binaan untuk selalu meningkatkan rasa persaudaraan dan melakukan ibadah agar dimudahkan  segala urusannya.”Orang yang akan meningkat keimanannya tentu tak lepas dari ujian. Semoga semua warga binaan diberikan kekuatan, panjang umur dan kesehatan,” ujar Wali Kota.

Di Lapas yang dihuni oleh 164 warga binaan ini, secara simbolis Wali Kota dan Sekda menyerahkan bingkisan kepada Ketua Lapas, Hero Sulistiyono dan perwakilan warga binaan. (sas)