Tinggi, Kesadaran Warga Salatiga Bayar Pajak

277

SALATIGA, RADARSEMARANG.ID – Wajib pajak asal kota Salatiga dan Kabupaten Semarang cukup bagus kepatuhannya menunaikan kewajibannya. Kondisi itu dipertahankan dan ditingkatkan dengan memberikan kesadaran membayar pajak sejak dini. Salah satunya dengan kegiatan Pajak Bertutur.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Salatiga Toto Hendiarto menuturkan, upaya untuk meningkatkan angka kepatuhan terus dilakukan. Pajak Bertutur dilaksanakan di sekolah-sekolah. Diharapkan dengan kegiatan yang menyasar anak sekolah ini, bisa menyadarkan dan memperkenalkan pajak sejak dini. tingkat kepatuhan perpajakan di wilayah Salatiga dan Kabupaten Semarang mencapai 88 persen. Prosentase itu melampaui target nasional yaitu 60 persen di tahun 2019.

“Kegiatan penyadaran dimulai dari anak-anak. Harapannya bisa berdampak masyarakat dalam menyampaikan pemberitahuan pajak tahunan. Dari anak-anak ini sudah diperkenalkan apa itu arti penting pajak dalam pembangunan,” jelas Toto.

Ditambahkan Toto, Pajak Bertutur dalam rangka memperingati Hari Guru yang diselenggarakan KPP Pratama Salatiga ini dilakukan serentak di wilayah Salatiga dan Ungaran. Untuk di Salatiga dipusatkan di SMP Muhammadiyah Plus yang diikuti para siswa SMA, SMP, dan SD Muhammadiyah Plus.

Pajak bertutur diharapkan juga dapat menjadi penarik perhatian masyarakat dan pemangku kepentingan dunia pendidikan. Agar, memasukkan materi pajak dalam pendidikan. Selanjutnya, diharapkan bisa memberi dukungan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing,” terang dia.

Kegiatan Pajak Bertutur di sekolah diisi dengan sosialisasi pengenalan perpajakan kepada generasi muda. Caranya dengan permainan dan arti pentingnya pajak. KPP Pratama Salatiga di tahun 2019 ini mengadakan Pajak bertutur ini sebanyak tiga kali.

Acara juga dimeriahkan atraksi kesenian tradisional. Kesenian diperagakan para siswa SMP Muhammadiyah Plus. Juga diserahkan tanaman dari KPP Pratama untuk ditanam di SMP Muhammadiyah Plus sebagai bentuk kecintaan terhadap bumi.(sas)