Ini Kabar Baik Rekrutmen CPNS Bagi Disabilitas

120
LOWONGAN CPNS: Sejumlah pelamar saat melakukan registrasi di IAIN Salatiga. (Ist)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA  – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga membuka dua formasi khusus disabilitas pada seleksi penerimaan CPNS 2019. Dua formasi yang dibuka untuk pelamar difabel tersebut adalah Analis Laporan Keuangan dan Analis Rencana Program dan Kegiatan.

Kepala Bagian Kepegawaian IAIN Salatiga, Diyah Rochati berharap dengan dibukanya formasi khusus disabilitas tersebut dapat membantu membuka lapangan kerja yang lebih luas untuk pelamar difabel. “Pembukaan formasi untuk penyandang disabilitas baru pertama kali di IAIN Salatiga. Semoga bisa memberi peluang lebih besar untuk pelamar difabel,” ujarnya.

Rektor IAIN Salatiga, Prof Zakiyuddin menambahkan bahwa formasi CPNS tahun 2019 itu adalah hasil dari analisis kebutuhan IAIN Salatiga. “Namun kami juga hanya bisa menerima apa yang telah ditetapkan oleh Kemenpan RB. Bagaimanapun, kami tetap bersyukur karena sudah mendapat pasokan SDM CPNS sebanyak 42 formasi,” katanya.

Zakiyuddin berharap ke depannya Kemenpan RB bisa benar-benar memperhatikan prioritas formasi yang diajukan oleh satuan kerja.

Selain itu, sebagai upaya alih status menuju universitas, IAIN Salatiga juga membuka 40 lowongan untuk formasi umum jabatan fungsional yang terdiri dari satu Analis Kepegawaian, satu Arsiparis, satu Pranata Komputer, dan dua Pustakawan.

Sedangkan 33 lainnya adalah formasi untuk asisten ahli dosen yang meliputi dosen Akuntansi Manajemen, Akuntansi Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah, Antropologi Budaya, Aqidah Filsafat,  Arsitektur,  Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab, Bahasa Indonesia,  Bahasa Inggris,  Bahasa Jawa,  Bimbingan Konseling,  Desain Grafis, Ekonometrika,  Ekonomi,  Ekonomi,  Ekonomi Makro,  Ekonomi Mikro,  Ekonomi Islam,  Ekonomi Moneter,  Etika Bisnis Islam,  Filologi,  Filsafat,  Fikih Munakahat,  Hadits,  Hukum Acara Peradilan Agama,  Manajemen Keuangan Syariah, Manajemen Zakat dan Wakaf,  Matematika,  Pembelajaran Tematik,  Pemikiran Politik Islam,  Pendidikan Kewarganegaraan,  Tarikh Al-Adab, dan dosen Ushul Fiqh.

Dua formasi lainnya adalah lektor dosen Ekonomi dan Pendidikan Agama Islam. Pendaftaraan dilakukan secara online mulai 15-29 November 2019. (sas/zal)