Guru Luncurkan Ratusan Buku

110
LUNCURKAN BUKU:  Kadinas Pendidikan Provinsi Jateng Jumeri saat menyaksikan cover ratusan buku yang diluncurkan. (ISTIMEWA)
LUNCURKAN BUKU:  Kadinas Pendidikan Provinsi Jateng Jumeri saat menyaksikan cover ratusan buku yang diluncurkan. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Sebanyak 132 buku diluncurkan dalam kegiatan Gerakan Guru Menulis Buku 2019. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Laras Asri. Kegiatan juga diisi dengan seminar menjadi penulis inspiratif.

Peluncuran buku ini menjadi salah satu bukti bahwa guru itu juga bisa memberikan karya. Semua buku merupakan karya guru mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Isinya mulai dari buku fiksi, nonfiksi, cerpen,  puisi, novel,  cerita bergambar,  buku mapel,  hingga buku pengayaan.

“Kegiatan ini adalah rangkaian hasil kegiatan sebelumnya yakni pelatihan penulisan buku pada bulan Mei.  Jadi dalam waktu lima bulan bisa menghasilkan 132 judul buku,” tutur Nining Mariyaningsih, penggagas acara ini.

Acara ini juga mendapatkan kepala dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga Slamet Setyo Budi yang juga hadir menerima penyerahan buku karya para guru tersebut. Nining menjelaskan, dirinya juga menulis tiga buku. Ia menulis puisi Cinta Guru Akuntansi, Tinta Emas Raisanaya dan Puisi Cinta Guru.

“Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah kemampuan menulis.  Banyak guru yang tidak bisa naik pangkat karena tidak memiliki kemampuan dalam menulis atau membuat penelitian. Ini salah satu bukti bahwa guru bisa menulis,” terang Nining. Ia juga menyebutkan jika kegiatan ini adalah salah satu komitmen SMK di Salatiga dalam menggerakkan literasi. (sas/bas)