Mujib Rohmat : Kader Partai Wajib Jaga Kebhinekaan

216

RADARSEMARANG.ID, KENDAL—Partai politik (parpol) harus bisa menjadi penjaga kebhinekaan Indonesia. Sebab, parpol adalah salah satu elemen dari demokrasi sehingga wajib memberikan pendidikan politik terkait kebangsaan dan kebhinekaan kepada kader dan masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Mujib Rohmat dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Aula Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD II) Partai Golkar Kendal.

Mujib Rohmat, jika bangsa ini dibangun atas dasar empat pilar. Yakni Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. Implementasi dari empat pilar tersebut harus terus digelorakan dan disampaikan ke semua kalangan. Mulai dari kader kader partai politik agar nilai-nilai luhur bangsa tersebut dapat terlaksana dalam kehidupan sehari-hari.

Semua parpol harus menjunjung tinggi toleransi. Berperinsip bhineka dalam agenda-agenda politik. Terutama ketika ikut dalam kontestasi pemilu. Dalam perebutan jabatan politik dalam Pilkada misalnya, parpol harus mengedepankan semangat persaingan dalam kerangka kebhinekaan dan meminimalisir konflik politik.

Kepada jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kendal, Mujib Rohmat memberi arahan agar kadernya di Kendal bisa menerjemahkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan politik sehari-hari.

Diharapkan dengan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini, pengetahuan akan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara semakin kuat. Selain itu kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan memberikan masukan- masukan terkait peningkatan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar yang dilaksanakan MPR RI di masa mendatang.

“Bila nilai-nilai kebangsaan tersebut dilaksanakan dengan konsisten, kontestasi politik akan menjadi sebuah hal yang menyenangkan dan jauh dari konflik. Sebab semuanya dilandasi semangat kebangsaan untuk memajukan bangsa ini,” tambah Mujib. (bud/sas)