Trans Jateng Koridor Kendal Beroperasi Oktober

122
LEBARKAN SAYAP: Trans Jateng bakal membuka trayek baru Koridor III Semarang-Kendal.(ADITYO DWI/RADARSEMARANG.ID)
LEBARKAN SAYAP: Trans Jateng bakal membuka trayek baru Koridor III Semarang-Kendal.(ADITYO DWI/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Trayek angkutan umum Bus Trans Jateng Koridor III Semarang-Kendal rencananya akan mulai beroperasi. Ditargetkan Oktbor tahun ini  bus Trans Jateng sudah bisa beroperasi melayani masyarkaat Kendal tujuan Terminal Bahurekso sampai Kawasan Industri Wiyayakusuma.

Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Suharjo mengatakan saat ni pengerjaan trayek tersebut tengah disebut bersama pihak Dinas Perhubungan Provinsi Jateng. Yakni dengan pemasangan halte atau tempat pemberhentian dan menaikkan penumbang Bus Trans Jateng.

Halte yang disiapkan adalah halte protabel atau bongkar pasang. Dengan material bahan dasar dari besi. “Saat ini sudah disiapkan di gudang bengkel oleh Dishub provinsi Jateng. Tinggal proses pemasangan yang rencananya selesai Oktober,” katany, kemarin (12/8).

Jumlah halte portabel yang disiapkan oleh Dishub Jateng ada sebanyak 40 unit. Dengan rincian, 20 unit berada di sisi kiri jalan dan 20 unit lainnya berada di sisi kanan jalan. “Untuk jumlah bus Trans Jateng yang disediakan ada sebanyak 14 unit,” tandasnya.

Suharjo menambahkan, untuk operasional Bus Trans Jateng, Pemkab Kendal sama sekali tidak mengeluarkan anggaran. Sebab semua anggaran telah dipenuhi oleh Pemprov Jateng. “Kami mempersiapkan fasilitas tempat akhir bus, yakni di Terminal Bahurekso,” jelasnya.

Jika pemasangan halte dan kesiapan terminal berjalan lancar. Maka diperkirakan Oktober mendatang sudah bisa dilaunching. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan warga Kendal karena menggunakan satu tarif yang lebih murah.

“Tarifnya untuk pelajar dan pekerja Rp 2 ribu, sedangkan untuk penumpang umum Rp 3 ,5 ribu. Taraif jauh dekat sama bayarnya. Untuk jam operasional 12 jam perhari. Yakni mulai pukul 06:00-18:00 WIB,” pungkasnya. (bud)