Besok, Dewan Terpilih Dilantik

154
SIAP DILANTIK: Anggota dewan Kendal terpilih saat melakukan gladi bersih Jumat (9/8) lalu. Mereka bakal dilantik Rabu (14/8) besok.(BUDI SETIYAWAN/RADARSEMARANG.ID)
SIAP DILANTIK: Anggota dewan Kendal terpilih saat melakukan gladi bersih Jumat (9/8) lalu. Mereka bakal dilantik Rabu (14/8) besok.(BUDI SETIYAWAN/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Sekretariat DPRD Kendal (Setwan) memastikan, Rabu (14/8) besok akan dilaksanakan pelantikan DPRD Kendal masa keanggotaan 2019-2024. Hal itu setelah pihak Setwan menerima Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah tentang pemberhentian anggota DPRD masa keanggotaan 2014-2019 dan pengangkatan anggota DPRD terpilih masa keanggotaan 2019-2024.

Plt Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono  mengatakan sebenarnya, pelantikan Anggota DPRD Kendal terpilih yang direncanakan akan dilaksanakan pada Senin (12/8) kemarin. Namun hingga Minggu (11/8) pihak Setwan belum menerima SK Gubernur Jateng.

“Waktu gladi bersih pengucapan sumpah jabatan, Jumat (9/8) lalu kami sudah sampaikan kepada anggota DPRD terpilih. Bahwasannya tanggal surat undangan pelantikan belum bisa kami sampaikan karena SK Gubernur belum turun,” tuturnya

Namun saat ini pihaknya sudah menerima SK Gubernur, makanya pihaknya akan segera melangsungkan pelantikan dalam waktu dekat ini.”Atas persetujuan pimpinan DPRD Kendal, pelantikan DPRD akan kami laksanakan pada Rabu (14/8),” tandasnya.

Menurutnya penundaan tidak melanggar peraturan yang berlaku. Pasalnya sesui dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah bahwa masa jabatan anggota DPRD Kabupaten yakni selama lima tahun dan berhenti setelah anggota dewan baru mengucapkan sumpah jabatan. “Sehingga anggota DPRD lama akan tetap menjabat sampai pengucapan sumpah jabatan dari anggota dewan baru,” ujarnya

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Kendal terpilih dari Partai Golkar, Tardi mengaku kecewa terhadap penundaan pelantikan tersebut. Pasalnya tak sedikit keluarga anggota DPRD terpilih yang datang dari luar Kendal untuk menyaksikan prosesi pelantikan. “Bahkan ada laporan yang masuk, sudah ada yang menginap di hotel Kendal sejak Minggu. Dengan penundaan ini tentunya sangat mengecewakan,” katanya. (bud/bas)