Transmigrasi, Empat Keluarga Pindah ke Kaltara

69
TRANSMIGRAN : Kepala Dinakerin Demak Bambang Saptoro mendampingi Bupati HM Natsir melepas dan menyerahkan bantuan untuk calon transmigran kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
TRANSMIGRAN : Kepala Dinakerin Demak Bambang Saptoro mendampingi Bupati HM Natsir melepas dan menyerahkan bantuan untuk calon transmigran kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK-Pemkab Demak melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinakerin) secara resmi mengirimkan transmigran ke daerah Tanjung Buko, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Senin (2/12). Setidaknya, ada 15 jiwa dari 4 keluarga yang dikirim ke wilayah transmigran tersebut.

Kepala Dinakerin Pemkab Demak Bambang Saptoro mengatakan, warga yang mengikuti program transmigrasi tersebut antara lain berasal dari Desa Wedung, Kecamatan Bonang. Kemudian, dari Desa Gemulak dan Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung serta Desa Donorejo, Kecamatan Karangtengah. “Untuk pengiriman warga transmigran ini digabungkan dengan para transmigran dari daerah lain di Jateng. Total ada sekitar 100 KK yang dikirim oleh Pemprov Jateng. Mereka akan diberangkatkan langsung Gubernur Jateng,”kata Bambang di sela pelepasan sekaligus penyerahan bantuan alat yang dibutuhkan dan uang saku bagi calon transmigran di ruang Bupati HM Natsir kemarin.

Bambang menambahkan, warga yang diikutkan transmigran adalah mereka yang kategori kurang mampu secara ekonomi (miskin). Selain tidak punya rumah juga tidak mempunyai penghasilan pasti.

Sementara Natsir berharap, warga yang bertransmigrasi tersebut dapat kehidupan yang layak setelah menjalani aktivitas di wilayah transmigran yang dituju. “Mereka di sana nanti dapat rumah, lahan atau tanah dan fasilitas lainnya yang terkait dengan program transmigrasi tersebut,” ujar bupati. (hib/ton)