Aktivis Genre Bagi Pita Merah Tandai Hari AIDS Sedunia

243
Para aktivis Forum Genre Demak memperingati Hari AIDS sedunia di Alun Alun Demak. (Wahib Pribadi/RADARSEMARANG.ID)
Para aktivis Forum Genre Demak memperingati Hari AIDS sedunia di Alun Alun Demak. (Wahib Pribadi/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Forum Generasi Berencana (Genre) melakukan aksi simpatik di Alun Alun Kota Demak. Mereka juga membagikan pita merah kepada para pejalan kaki yang sedang berada di Simpang Enam untuk menandai Hari AIDS sedunia.

Ketua Forum Genre Demak, Muhamad Nasir mengatakan, dalam aksi tersebut, Forum Genre mengkampanyekan sekaligus membubuhkan tanda tangan sebagai wujud komitmen dalam membantu mensosialisasikan pentingnya kewaspadaan terhadap menjalarnya penyakit HIV AIDS di Demak. “Kita sampaikan untuk menjauhi penyakitnya dan bukan menstigma orangnya. Kita juga bagikan buku dan tas kecil tentang AIDS,”ujar dia. Usai aksi, dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Forum Genre periode 2019-2021. Turut hadir Kepala DinpermadesP2KB, Daryanto dan Sekretarisnya Supriyatiningsih.

Seperti diketahui, jumlah penderita HIV AIDS di Demak sendiri mencapai 1.173. Namun, secara kumulatif penderita yang ditemukan baru 590 orang. Yakni, HIV 387 orang dan AIDS 203 orang. Mereka tersebar di desa desa diberbagai kecamatan. Data tersebut dipastikan terus bertambah tiap tahun. (hib/rof)