Peminat Pendaftar Panwascam Tinggi

Pengawas Pilkada Berintegritas

176
Khoirul Saleh
Khoirul Saleh

RADARSEMARANG.ID, DEMAK-Pendaftar panitia pengawas kecamatan (Panwascam) membeludak. Hingga kemarin warga yang ingin menjadi anggota pengawas pilkada 2020 tersebut terus berdatangan ke Kantor Bawaslu Demak di Jalan Sultan Fatah.

Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh menyampaikan, pihaknya membuka rekruitmen anggota Panwascam hingga Selasa (3/12). Menurutnya, setiap kecamatan setidaknya membutuhkan 3 anggota Panwascam. Lantaran ada 14 kecamatan, maka dibutuhkan 42 anggota. “Pendaftaran sudah kita buka sejak Rabu (27/11),”katanya kemarin.

Khoirul mengungkapkan, untuk menjadi pengawas pilkada ditingkat kecamatan dibutuhkan anggota Panwas yang kritis serta jeli dalam melihat dan menilai situasi yang sedang terjadi, utamanya terkait dengan pelanggaran pilkada. “Jadi, tugas panwascam itu tidak ringan. Demikian pula kita yang bertugas di Bawaslu Demak ini,”ujar Khoirul. Dia menambahkan, dibutuhkan pribadi panwas yang baik, teguh pendirian serta berintegritas.

Anggota Bawaslu, Amin Wahyudi mengungkapkan, keberadaan anggota panwascam sangat membantu terciptanya iklim demokrasi yang berkeadilan. Sebab, dengan pengawasan yang dikakukan, maka rasa demokratis dapat terjaga dengan baik. “Karena itupula, kita butuh anggota Panwascam yang betul betul berintegritas serta memahami betul tugas pokok yang dijalankan,”kata dia. (hib)