Beranda Semarang Raya Demak Demak Juara Pertama Prasidatama Jateng

Demak Juara Pertama Prasidatama Jateng

0
Demak Juara Pertama Prasidatama Jateng
PENGHARGAAN: Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak, Eko Pringgolaksito menunjukkan penghargaan terbaik dari Balai Bahasa Jateng. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemkab Demak berhasil memperoleh penghargaan kategori bahasa dari Balai Bahasa Jawa Tengah. Yaitu, sebagai juara pertama dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penghargaan diserahterimakan oleh Kepala Balai Bahasa Jateng, Dr Tirto Suwondo, MHum kepada Plt Kepala Disdikbud Demak Eko Pringgolaksito.

Menurut Eko, dengan meraih juara terbaik tersebut, diharapkan dapat menguatkan komitmen dan memacu pengunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan Disdikbud Demak. Hal itu, kata dia, sebagai sebuah keharusan untuk menyatukan bangsa dalam wadah kesatuan NKRI. Selain itu, sebagai upaya mewujudkan sumber daya yang unggul.

“Tentu, ini akan kita tindaklanjuti di seluruh lembaga pendidikan yang ada. Penghargaan ini juga sebagai kado ulang tahun Korpri dan Hari Guru Nasional,” kata Eko didampingi Kabid Pembinaan Kebudayaan, Afiv Taufik dikantornya kemarin.

Menurutnya, sebelumnya telah dilakukan prosesi atau tahapan penilaian oleh petugas Balai Bahasa Jateng. Selain melalui wawancara juga pengisian boring dan visitasi serta inspeksi mendadak (sidak) kelapangan. “Dalam penilaian yang dilakukan telah menunjukkan adanya praktik penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” katanya.

Kabid Pembinaan Kebudayaan, Afiv Taufik menambahkan, penggunaan Bahasa Indonesia dipakai dalam setiap pertemuan resmi, surat menyurat, rapat koordinasi, media serta komunikasi antar pegawai dan masyarakat. “Ini untuk menumbuhkembangkan kecintaan siswa pada bahasa Indonesia. Dengan semboyan, satu nusa, satu bangsa dan menjunjung Bahasa Indonesia,” kata Afiv. (hib/bas)