Gelontor 20 Tangki Air Bersih

96

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Warga Demak yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan sangat membutuhkan bantuan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, kemarin siang Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar bersama Ketua Bhayangkari Ny Novy menyalurkan air bersih ke Desa Mulyorejo, Kecamatan Demak Kota.

Setidaknya, hingga kini Polres Demak bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak  telah mendroping air bersih ke warga sebanyak 20 tangki.  “Sudah 20 tangki kita distribusikan ke tiga desa, termasuk di Desa Mulyorejo ini,” ujar Kapolres.

Menurutnya, droping air bersih tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk warga setempat. “Ini sebagai bentuk kepedulian Polres Demak dalam membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih akibat kemarau,” katanya.

Melalui bantuan tersebut, Polri lebih dekat masyarakat. Demikian pula, masyarakat merasa memiliki dengan keberadaan kepolisian yang berfungsi sebagai pengayom dan pelondung masyarakat. “Ini sekaligus sarana untuk bersilaturahmi dengan masyarakat,” kata Kapolres.

Kepala Desa Mulyorejo, Sutarman mengatakan, didesa yang dipimpinnya tersebut setidaknya ada 700 kepala keluarga (KK) yang membutuhkan air bersih. “Kita gilir per RW. Dengan demikian, bantuan dapat terdistribusikan secara merata,” katanya.

Menurutnya, Desa Mulyorejo saat musim kemarau hanya mengandalkan saluran air pamsimas. Namun, karena debit air turun sehingga tidak cukup untuk kebutuhan air bersih warga.  “Biasanya, warga beli kepedagang keliling. Satu jerigen Rp 3 ribu,” katanya. (hib/bas)