SMA 1 Mijen Ajak Siswanya Berkurban

2014

RADARSEMARANG.ID,DEMAK- Untuk menumbuhkan rasa empati dan jiwa sosial anak didik atau siswa dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan kemasyarakatan. Diantaranya, melalui tradisi berkurban setiap Idul Adha. Ini pula yang dilakukan SMAN 1 Mijen, Kecamatan Mijen.

Kepala SMA 1 Mijen, NA Sobri mengungkapkan, karakter siswa dalam pembelajaran tidak hanya melalui pengenalan materi pelajaran disekolah saja. Namun, mereka juga akan lebih memahami perilaku sosial yang baik jika ikut praktik langsung dalam kegiatan sosial. “Berkurban menjadi salah satu cara mengetahui sekaligus mengasah jiwa sosial kita dalam hidup bermasyarakat, termasuk di lembaga pendidikan tempat kita mendidik siswa,”ujarnya didampingi Humas Rias Arimurti.

Menurutnya, untuk mengajak berkurban memang tidaklah mudah. “Para siswa kita ajak lalu mereka iuran bersama sehingga bisa dibelikan seekor sapi jantan untuk kurban,”katanya. Tradisi berkurban siswa ini sudah diajarkan
sejak 2016. “Ibadah sosial merupakan praktik dari ibadah sehari hari kita,”ujarnya. Dia menambahkan, pelajaran saling berbagi antar sesama, utamanya kepada warga kurang mampu secara ekonomi akan menumbuhkan rasa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. “Jadi, kita teladani apa yang dilakukan Nabi Ibrahim As,”katanya.(hib/sas)