Awali Grebeg Besar dengan Ziarah di Makam Sultan Fatah

308
Bupati Demak HM Natsir, Wabup Joko Sutanto dan Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar berziarah di makam Sultan Trenggono dan Sultan Fatah di kompleks Masjid Agung Demak (wahibpribadi/radarsemarang.id)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK-Tradisi grebeg besar telah dimulai. Hal ini diawali atau ditandai dengan ziarah di makam Sultan Fatah, Sultan Trenggono dan keluarga kasultanan Demak Bintoro lainnya. Sebelumnya, dilakukan pisowanan ke keluarga Sunan Kalijaga di Kadilangu.

Dalam ziarah ini, hadir Bupati HM Natsir, Wabup Joko Sutanto, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, Dandim 0716 Demak Letkol Inf Abi Kusnianto, dan pejabat teras lainnya.

Bupati Demak HM Natsir menyampaikan, bahwa tradisi grebeg besar sudah berlangsung lama. Karena itu, tradisi budaya tersebut akan terus dilestarikan. “Ziarah ini sebagai rangkaian kegiatan grebeg besar. Melalui ziarah inipula kita dapat mengenang perjuangan para waliyullah (Auliya), utamanya Kanjeng Sultan Fatah dan Sunan Kalijaga,” ujarnya Sabtu (20/7).

Seperti diketahui, kegiatan grebeg besar puncaknya adalah diadakannya iring-iringan minyak jamas dari Pendopo kabupaten menuju Kadilangu (Makam Sunan Kalijaga), tepat pada Hari Raya Idul Adha nanti. Sedangkan, untuk kegiatan hiburan digelar pasar rakyat yang dipusatkan di lapangan Tembiring. (hib/ap)

Editor : Agus AP