Bupati Demak Buka Pasar Rakyat Grebeg Besar di Pendopo

379

RADARSEMARANG.ID, DEMAK- Bupati Demak HM Natsir secara resmi membuka pasar rakyat Grebeg Besar di Pendopo, Jalan Kiai Singkil Kota Demak Jumat malam (19/7/2019). Turut hadir Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, Dandim 0716 Demak Letkol Inf Abi Kusnianto, Sekda dr Singgih Setyono MMR dan Plt Kepala Dinas Pariwisata Tatik Rumiyati.

Bupati menyampaikan bahwa tradisi Grebeg Besar harus terus dilestarikan. “Grebeg Besar ini zaman walisongo menjadi sarana bertemunya rakyat dengan punggowo pemerintahan dan penasehat kasultanan Demak Bintoro,”ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Tatik Rumiyati mensmbahkan, Grebeg Besar merupakan budaya leluhur yang hingga kini masih dilestarikan masyarakat Kota Wali. “Puncak acara nanti ada iring iringan minyak jamas serta ditandai dengan pasar rakyat di lapangan Tembiring yang dikelola CV Diana Ria,”katanya.

Pemilik CV Diana Ria H Muntohar mengatakan, dalam pasar rakyat kali ini diikuti sebanyak 160 stan yang dikelompokkan sesuai jenis usahanya. Ada stan penjualan makanan atau kuliner, stan UMKM, stan fashion dan lainnya. Selain itu dilengkapi dengan berbagai macam wahana mainan untuk hiburan rakyat termasuk panggung dangdut full music dilapangan Tembiring. “Kita lakukan berbagai inovasi agar pasar rakyat tetap meriah. Ini tidak hanya bisnis semata.Tapi juga meyumbang PAD daerah,”kata Muntohar. (hib/sas)