Pedagang Pasar Mranggen Antre Pembagian Kios

680

RADARSEMARANG.ID, DEMAK- Setelah selesai dibangun, dalam beberapa hari ini pedagang Pasar Mranggen antre untuk pembagian kios dan los. Pembagian kios tersebut dilakukan langsung oleh petugas dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Pemkab Demak. Kepala Dinas Perdagangan, Siti Zuarin kepada RADARSEMARANG.ID mengungkapkan, tercatat ada 1.283 kios dam los. Terdiri dari 360 kios permanen, 712 kios partisi dan 211 los lesehan. Pasar Mranggen dibangun dengan total anggaran Rp 80 miliar. Yaitu, Rp 9 miliar bantuan gubernur (bangub) tahun anggaran 2017-2018 dan sisanya dari APBD Demak. Pada 23 September 2019 ini sudah finishing semua.

“Kios dan los ini mulai kita bagikan untuk pedagang. Agar pembagian tertib, maka mereka juga harus mengisi lembaran form persyaratan termasuk terkait pembayaran retribusi. Kalau yang sudah membayar kita beri kunci kiosnya. Pengisian dan pengembalian form tersebut dibatasi hingga 22 Juli,”ujar Zuarin dikantornya Jumat (19/7/2019).

Dalam proses pembagian kios dan los ini, kata dia, pihak dinas menerapkan sistem zonasi. Dengan demikian, barang yang dijual oleh para pedagang dapat dikategorikan untuk mempermudah pembagian dan penempatan. “Karena bangunan pasar ini dua lantai, maka bisa jadi yang dulunya berdagang dilantai 1, sekarang menempati lantai 2. Sebab, sebelum dibangun Pasar Mranggen hanya berupa los yang luas. Tapi, sekarang sudah dibuat kios kios dan sebagian los. Jika tidak dibangun 2 lantai maka tidak muat dalam penempatan pedagang,”ujarnya. Karena itu, untuk mengantisipasi keluhan atau aduan pedagang, dinas telah menyediakan kotak pengaduan yang selanjutnya akan dikaji lagi.