Silaturahmi Perkuat Wawasan Kebangsaan

451

RADARSEMARANG.ID, DEMAK-Untuk memantapkan dan menguatkan pemahaman masyarakat terhadap wawasan kebangsaan, Anggota DPR RI H Drs Fathan Subchi terus berupaya menjalin silaturahmi dengan para alim ulama, tokoh masyarakat, dan guru Madrasah Diniyah di Desa Mojodemak, Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.

Hadir dalam acara ini Kades Mojodemak Sudjono, S.Pd, Ketua Takmir Masjid Agung Baitussalam, dan Tokoh Masyarakat Kiai Abdul Aziz. Kegiatan ini diikuti sekitar 120 peserta. Terdiri dari unsur pemuda, fatayat, muslimat dan guru madrasah.

Dalam kesempatan itu, Fathan menekankan pentingnya pemahaman kebangsaan yang dapat menjadi pijakan dan pondasi dalam memperkokoh kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Sebagai bangsa yang plural dan heterogen serta kaya dengan khazanah kebangsaan, maka sepatutnya kita bersyukur dan terus memantapkan kerukunan dan rasa saling menghargai sesama entitas bangsa,”kata anggota DPR dari dapil Demak, kudus dan Jepara ini.

Menurutnya, budaya dan kearifan lokal memegang peranan penting dalam rangka memantapkan hubungan kebangsaan tersebut.

Anggota DPR yang juga pengurus LazisNU Pusat ini meminta agar masyarakat terus tabayyun dalam menyikapi persoalan yang sifatnya berbau fitnah, hoax, dan ujaran kebencian. “Berkah abad ini setidaknya ditandai dengan arus informasi yang terbuka yang melintasi teritori bangsa bangsa. Dunia digital adalah berkah yang didalamnya harus ada edukasi edukasi. Kini, masyarakat sesungguhnya makin melek dan kian sehat di dalam menyaring mana berita yg hoax dan tidak,” imbuhnya. Karena itu, kata dia, hindari berita atau meme yang dapat memecah belah, membuat saling curiga dan bahkan bisa ancam perpecahan bangsa.(hib/sas)