Beranda Semarang Raya Demak 22 Ribu Pemilih Belum Rekam KTP Elektronik

22 Ribu Pemilih Belum Rekam KTP Elektronik

0
22 Ribu Pemilih Belum Rekam KTP Elektronik

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Hingga kini masih terdapat 22 ribu pemilih yang belum memiliki KTP elektronik (KTP-el). Padahal, untuk menggunakan hak pilih harus punya KTP-el. Ketua Panwaskab Demak, Khoirul Saleh mengatakan, penggunaan KTP-el sudah menjadi diatur dalam Peraturan KPU (PKPU). “JIka menjelang pilgub belum dapat diselesaikan, tentu akan banyak pemilih yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya,” kata Khoirul disela rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapa daftar pemilih sementara (DPS) pilgub Jateng.

Dia mengatakan, untuk mempercepat penyelesaian KTP-el warga itu, maka instansi terkait dapat mendatangi kelompok masyarakat untuk mengurus KTP-el atau surat keterangan (suket). Dengan demikian, mereka dapat menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPUD Demak, Mahmudi mengungkapkan,  mereka yang belum punya KTP-el namanya akan diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar segera dapat KTP-el.“Harapan kami sebelum penetapan DPS, semua bisa klir. Kita sudah koordinasi. Meski tidak terdaftar namun jika punya KTP-el atau suket bisa ikut memilih,” ujar dia. (hib/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.