Pengundian Nomor Urut Cakades di 54 Desa

584
SIAP BERSAING: Para calon kades menunjukkan nomor urutnya usai pengundian di Desa Guntur, Kecamatan Guntur, kemarin (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang).
SIAP BERSAING: Para calon kades menunjukkan nomor urutnya usai pengundian di Desa Guntur, Kecamatan Guntur, kemarin (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang).

DEMAK– Tahapan pengundian nomor urut calon kepala desa (cakades) di 54 desa di wilayah Demak kemarin berlangsung semarak.  Berbagai atribut baliho dan gambar para calon turut mewarnai pengundian nomor di balai desa masing masing. Untuk mengamankan penetapan nomor urut ini, Polres Demak mengerahkan ratusan personel. Anggota kepolisian disebar dititik titik rawan.

Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan melalui Kabagops Kompol Sutomo mengatakan, pihaknya telah mengerahkan sebanyak 175 personel. “Kita amankan jalannya pengundian  nomor urut cakades ini. Sebab, ada pula bakal calon yang diarak keliling desa dengan sepeda motor dan dengan suara knalpot yang nyaring,” katanya.

Pengamanan juga dilakukan untuk mencegah terjadinya hal hal tidak diinginkan termasuk antisipasi bentrok antar pendukung. Sebelumnya, Bupati HM Nastir mengatakan, ada banyak lowongan jabatan kades yang harus segera diisi melalui pilkades tahap kedua ini. “Kita berharap, pilkades dapat berjalan lancar. Karena tidak mungkin semua jadi kades. Dengan demikian, setelah berkompetisi dalam pemilihan, semua harus rukun kembali. Jangan sampai terjadi konflik,”katanya. Wabup Joko Sutanto menegaskan, panitia pilkades harus netral daam bersikap. “Panitia tidak boleh condong ke salah satu calon. Harus netral,” tandasnya. (hib/zal)