Beranda Semarang Raya Demak Tak Terserap, 60 Titik Proyek Dilanjutkan 2016

Tak Terserap, 60 Titik Proyek Dilanjutkan 2016

0
Tak Terserap, 60 Titik Proyek Dilanjutkan 2016
Ir Wibowo
Ir Wibowo
Ir Wibowo

DEMAK-Sebanyak 60 titik proyek dari dana alokasi khusus (DAK) yang dikelola Dinas Pertanian (Dispertan) Pemkab Demak dilanjutkan pada 2016 ini. Ini setelah pada 2015 lalu, dana hibah untuk kelompok tani atau paguyuban petani pengguna air (P3A) di wilayah Demak sebagai penerima manfaat langsung tersebut tidak terserap maksimal, akibat terhambat adanya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Dalam UU itu disebutkan, bahwa penerima hibah bansos harus berbadan hukum. Padahal, banyak penerima bansos yang belum berbadan hukum. Meski persyaratan berbadan hukum dipenuhi, namun proyek sulit terlaksana lantaran sudah mepet akhir tahun.

Kepala Dispertan Pemkab Demak, Wibowo mengatakan, proyek yang belum terserap diantaranya pembangunan jaringan irigasi. “Biasanya memang anggaran untuk Dispertan bisa terserap hingga 97 persen. Namun, pada 2015 lalu serapan anggaran jauh dibawah lantaran adanya hibah yang tidak terserap tersebut. Jadi, proyek yang belum terlaksana ada 60 titik. Untuk itu, dana DAK itu dilaksanakan tahun berikutnya (tahun ini),” katanya. (hib/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.