Diusulkan Jadi Jalan Provinsi

258

DEMAK – Jalan ruas Onggorawe-Mranggen diusulkan menjadi jalan provinsi. Karena itu, bila jalan tersebut statusnya jalan provinsi, maka akan ditangani langsung pemprov Jateng. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Pertambangan dan Energi (DPUPPE) Demak, Budi Harsono.

Menurutnya, tetap ada upaya untuk memperlebar jalan raya alternatif yang sempit namun padat kendaraan tersebut. Kendati demikian, supaya tanggung jawab dan pemeliharaannya lebih maksimal perlu ditangani langsung oleh pemprov. “Jika tidak bisa ditangani kabupaten maka pemprov bisa menanganinya,” ujar Budi.

Seperti diketahui, beberapa kali DPRD Demak mendesak supaya jalan Onggorawe-Mranggen tersebut segera dilebarkan. Pasalnya, sudah tidak bisa leluasa untuk manuver kendaraan roda empat. Apalagi, jalan sudah mulai rusak akibat truk dump yang muatannya melebihi tonase. Menurutnya, untuk pelabaran jalan itu dibutuhkan pembebasan lahan.

Sejauh ini, pembebasan tanah baru di wilayah Bandungrejo, Kecamatan Mranggen dan Onggorawe, Kecamatan Sayung. “Sebetulnya, pembebasan lahan itu sudah dimulai sejak (alm) Bupati Widji Suwito. Kalau pembebasan selesai, maka jalan Onggorawe tersebut bisa dipertemukan dengan jalur lingkar Mranggen. Hanya saja, sampai sekarang jalan lingkar tersebut pembebasan lahannya juga terkendala harga yang sangat mahal,” katanya. (hib/ric)