Terdengar seperti Gemuruh Suara Jet, Ternyata Atap Kantor Disdukcapil Klaten Roboh

390
Bagian kantor Disdukcapil Klaten yang roboh usai hujan deras, Minggu (24/11) (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

RADARSEMARANG.ID, KLATEN – Atap kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten di kompleks Pemda II, roboh pada Minggu (24/11) sore. Disertai suara gemuruh, bagian yang roboh adalah konsol yang merupakan konstruksi balok kuda-kuda penyangga atap. Akibatnya bagian usuk, reng, kanopi hingga genteng ikut tertarik, baik di sisi barat dan selatan kantor sehingga ikut roboh.

Seperti diberitakan Radar Solo, sebelum kejadian robohnya konsul bangunan kantor itu, wilayah Kota Klaten memang dilanda hujan deras disertai angin kencang. Namun, saat detik-detik sebelum roboh, hujan justru sudah mulai reda.

“Saat itu posisi saya berada di pantry kantor dan teman saya, Mas Budi berada di depan TV. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh seperti jet sedang melintas. Saat itu saya tidak tahu apa yang terjadi karena kondisinya cukup mencekam,” jelas Taufik, petugas penjaga kantor Disdukcapil Klaten.

Usai suara gemuruh itu, dia sempat melihat asap yang diakibatkan dari serpihan bangunan yang roboh di sekitar kamar mandi. Seketika itu Taufik berpikiran jika kantor yang dijaganya lah yang roboh. Taufik langsung berlari ke luar gedung mengikuti jejak Budi untuk menyelamatkan diri.

“Saya juga sempat melihat bagian kaca dari ruangan pendaftaran penduduk (dafduk) pecah karena terkena bagian bangunan yang roboh. Saat keluar itu juga saya langsung pergi ke bagian pojok yang biasanya banyak pekerja bangunan. Saya khawatir kalau ada korban yang tertimpa. Ternyata Ahmudillah tidak ada korban sama sekali,” jelas Taufik.

Saat keluar itulah, dia baru menyadari jika bagian konsul yang berada di sisi barat dan selatan kantor roboh secara keseluruhan. (ren/ria/ap)