Jagong Budaya Serap Masukan Warga

510
SARASEHAN : Camat Watumalang Kabupaten Wonosobo Iwan Widayanto (kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Kepala Dipariwisata One Andang Wardoyo dalam sarasehan budaya Kamis (18/7/2019). (IST)

RADARSEMARANG.ID,WONOSOBO – Sebanyak 500 orang dari berbagai elemen masyarakat mengikuti jagong budaya Kamis (18/7/2019) di halaman Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo.
Jagong budaya atau sarasehan tersebut digelar untuk menyemarakkan hari jadi ke-194 Kabupaten Wonosobo. Kegiatan diawali prosesi penyerahan panji-panji dan lambang daerah dari Jajaran Pemerintahan Kelurahan Wonoroto kepada Forkopimca, yang sebelumnya telah diarak ke semua wilayah di Kecamatan Watumalang.

Dalam sambutannya Bupati Wonosobo yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan One Andang Wardoyo menyampaikan bahwa Wonosobo memiliki potensi dan aset wisata yang luar biasa, namun perlu tata kelola yang baik. Hal tersebut sesuai tema hari jadi Kabupaten Wonosobo yaitu “Kelola Potensi, Pemajuan Budaya dan Lingkungan Lestari Menuju Wonosobo Kreatif.
Dikatakan, untuk mengembangkan wisata, meskipun dilakukan promosi berulang-ulang, namun apabila tidak didukung berbagai aspek, utamanya adalah aksesibilitas dan infrastruktur yang baik, maka tujuan akan sulit tercapai.

Pada sarasehan tersebut banyak masukan-masukan yang muncul dari masyarakat khususnya untuk kemajuan Kecamatan Watumalang. Camat Watumalang Iwan Widayanto mengajak jajarannya untuk bisa memanajemen pemerintahan dengan baik. “Tidak sekadar membangun fisik, tetapi juga harus membuat perencanaan yang bagus agar desa ke depan tidak hanya menerima anggaran. Tapi menghasilkan sesuatu menuju kemandirian dengan dukungan berbagai pihak,”paparnya dalam kegiatan yang dihadiri Forkopimca, para kepala desa, BPD, TP PKK, dan seluruh dinas tingkat kecamatan serta tak ketinggalan para tokoh masyarakat. (*/lis)