Brrr……..Dingin……Hujan Es Guyur Temanggung

129
TUMBANG : BPBD Temanggung bersama warga sedang mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah akibat angin kencang dan hujan deras di Kelurahan Madureso Kecamatan Kota Temanggung. (IST)
TUMBANG : BPBD Temanggung bersama warga sedang mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah akibat angin kencang dan hujan deras di Kelurahan Madureso Kecamatan Kota Temanggung. (IST)

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Hujan es disertai dengan angin kencang melanda wilayah Kabupaten Temanggung, Senin (2/12) sore. Puluhan rumah rusak dan sejumlah pohon tumbang akibat kejadian tersebut.

Hujan deras yang disertai butiran es terjadi sekitar lima menit. Lalu disusul angin kencang. Warga pun sempat dilanda kepanikan dengan adanya kejadian tersebut.

“Awalnya hujan turun biasa-biasa saja, namun tiba-tiba terdengar suara benda keras yang berjatuhan di atas genteng. Setelah saya cek keluar ternyata ada banyak es kecil-kecil dan semakin deras,” ungkap Bambang Sundoro salah satu warga Kelurahan Madureso Kecamatan Kota Temanggung.

Tak selang beberapa lama sejumlah aliran listrik padam lantaran banyak pohon yang tumbang dan menimpa jaringan listrik. “Warga panik semua dengan adanya kejadian tadi,” tuturnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi menyampaikan, kejadian langka tersebut terjadi di beberapa titik wilayah Temanggung. “Saat ini kami masih mendata jumlah kerusakan yang dialami warga. Yang jelas ada beberapa rumah rusak dan sejumlah pohon mengalami tumbang akibat kejadian ini,” tuturnya.

Kemarin BPBD telah mengerahkan seluruh anggotanya untuk melakukan evakuasi terhadap pohon-pohon yang tumbang dan mengganggu aktivitas warga. “Kita dibantu warga masih melakukan evakuasi dan membersihkan puing-puing sisa material,” ucapnya.

Untuk sementara, ada lima rumah yang terdata mengalami kerusakan. Namun demikian ia belum bisa menaksir kerugian material yang disebabkan oleh kejadian tersebut. (tbh/ton)