Taman Alun-Alun Telan Duit Rp 12 M

1716
WAJAH BARU: Taman Alun-Alun menjadi daya tarik warga Temanggung. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG — Wajah Alun-ALun Kota Temanggung berubah total. Alun-Alun yang dulu sama sekali tidak memikat, kini berubah dengan hadirnya taman. Selain dilengkapi wifi, juga ada sarana bermain anak dan berolahraga, seperti tenis meja, catur, dan lainnya. Juga hadir dua air mancur, disisi barat Alun-Alun, lengkap dengan tulisan Kota Tembakau dan disisi utara tertulis: Temanggung Bersenyum.

Bertepatan dengan malam pergantiam tahun pada Minggu (31/12/2017, Bupati Bambang Sukarno meresmikan taman tersebut. Ia didampingi pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

“Saya berharap Alun-Alun ini bisa menjadi wahana kreativitas warga Temanggung, terlebih generasi muda. Selain untuk bermain dan olahraga, juga bisa untuk diskusi, menyalurkan bakat atau hobi, seperti melukis,” ucap Bambang.

Bambang juga berharap, ke depan ada ruang terbuka hijau di masing-masing kecamatan. “Taman-taman tersebut bisa untuk memperindah dan mempercantik Kota Temanggung, sekaligus untuk sarana bermain dan belajar anak-anak kita.”

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Temanggung Pardiyono melaporkan, pembangunan Taman Alun-Alun menelan dana 12 miliar. Sumber anggaran berasal dari APBD Temanggung 2017. Pelaksana proyek PT Aditiya Mulya Pratama dan PT Linggar Jati Perkasa. Dikerjakan Juni hingga Desember 2917.

“Sekarang masih tahap pemeliharaan oleh pelaksana proyek. Dalam masa pemeliharaan, masih ada penambahan bunga dan mengedepankan kebersihan. Ada petugas kebersihan yang stanby di Alun-Alun.” Dandim 0706/Temanggung Letkol Arm Yusuf Setiaji meminta masyarakat Temanggung bisa menjaga kebersihan dan lingkungan. “Jangan buang sampah sembarangan, jangan injak rumput, mari jaga sama-sama fasilitas yang kita punya.” (san/isk)