Hari Ini Pedagang di Pasar Muntilan Boyongan

154
PASAR BARU : Sejumlah pedagang memeriksa lokasi los dan kios yang akan mereka tempati di Pasar Muntilan yang hari ini akan mulai beroperasi. (IST)
PASAR BARU : Sejumlah pedagang memeriksa lokasi los dan kios yang akan mereka tempati di Pasar Muntilan yang hari ini akan mulai beroperasi. (IST)

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID — Pasar Muntian akan kembali beroperasi secara resmi mulai Jumat (15/11) ini. Para pedagang sudah mulai berpindah ke pasar baru tersebut.

Pantuan koran ini, ribuan pedagang sudah mulai berdatangan dan memindahkan barang dagangannya ke kios dan los mereka. Beberapa pedagang lesehan juga mulai menyiapkan tempat berdagangnya.

“Besok (hari ini, red)  insya Allah jika tidak ada alangan sudah resmi dibuka di Pasar yang Baru,” kata Kepala Disdagkop dan UKM Kabupaten Magelang Asfuri Muhsis.

Ia berharap pasar Muntilan baru senilai Rp 90 miliar itu bisa segera ramai oleh aktivitas pedagang dan pembeli. Sehingga perekonomian Muntilan semakin berrgeliat.

Disdagkop UKM  menerapkan harga tebusan untuk kios dan los Pasar Muntilan di bawah standar. Dari patokan harga kios sekitar Rp 30 hingga Rp 37 juta, pihak dinas menetapkan harga tebusan antara Rp 6 hingga Rp 12 juta. Bahkan, sebanyak 1.202 pedagang lesehan digratiskan.

“Setelah semua pedagang melunasi, uang yang terkumpul seluruhnya lebih dari Rp 21 miliar,” kata, Asfuri.

Terkait dugaan adanya oknum yang bermain dalam penempatan pedagang, pihak dinas akan menindak tegas oknum tersebut. “Selama ini kami sudah transparan bahkan sampai melibatkan apprasial independen, paguyuban pasar, instansi terkait, mereka semua terlibat dan memiliki kompetensi,” ungkapnya. (vie/ton)