Bapas Luncurkan Kredit Termurah

1342

MUNGKID– PD BPR Bapas 69 Kabupaten Magelang memiliki keberpihakan terhadap usaha kecil menengah. Bagi para pelaku usaha ini, bank pelat merah ini menyediakan bantuan modal dengan suku bunga paling rendah se-Indonesia.
Kredit super murah itu berkisar di angka 0,73 persen per bulan. Atau hanya 17 persen per tahun.
“Di bank umum masih di atas 1,25 persen per bulan tapi kita berani 0,73 per bulan. Kebijakan ini tentunya untuk membantu pertumbuhan UKM kita,,” kata Direktur Utama Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang, Fran Suharmaji, kemarin.
“Persediaan kredit tidak terbatas. Masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan catatan angsuran tertib,” tambah dia.
Di tahun ini, Pemkab Magelang sendiri memberi tambahan modal sekitar Rp 5,3 miliar. “Nah Bapas ingin membantu pemda dengan cara menumbuhkan ekonomi rakyat,” kata dia.
Dengan didampingi Kepala Biro Umum Suratno, dia mengemukakan, tiap tahun Bapas menyalurkan kredit sampai Rp 375 miliar. Jumlah itu akan menimbulkan multiplier effect daripada setoran ke PAD (pendapatan asli daerah). Walaupun setoran ke kas daerah diakuinya tetap penting.
Suku bunga kredit bank milik Pemkab Magelang itu, sebelumnya 21 persen/tahun. Setelah melihat kondisi UMKM terdampak situasi ekonomi nasional, manajemen melakukan kalkulasi.
“Apalagi ada sekitar 10.000 unit menabung uangnya di Bank Bapas 69,” kata dia. Meski memberikan kredit murah tidak berarti Bapas menjadi rugi. “Kami tetap untung. Setoran ke pemda lancar, dan tahun ini lebih dari Rp 6 miliar,” tuturnya. (vie/lis)