Forikan Mengajar, Semarakkan Hari Ikan Nasional

71
MENGAJAR : Kadinas DKP Provinsi Jateng, Ir Fendiawan Tiskiantoro MS.i menjadi guru yang ikut dalam kegiatan Forikan Mengajar di SMAN 1 Magelang. (ISTIMEWA)
MENGAJAR : Kadinas DKP Provinsi Jateng, Ir Fendiawan Tiskiantoro MS.i menjadi guru yang ikut dalam kegiatan Forikan Mengajar di SMAN 1 Magelang. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Ratusan siswa SMAN 1 Magelang dan beberapa SMA di Kabupaten Magelang antusias mengikuti kegiatan Forum Ikan (Forikan) Mengajar. Ada beberapa tokoh penting yang mengajar, yakni politisi Abdul Kadir Karding, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jateng, sejumlah artis top ibukota grup band Drive dan Sandy Canister.

Para siswa yang turut mengikuti Forikan Mengajar, banyak melontarkan pertanyaan tentang beragam manfaat mengonsumsi ikan. “Sebelumnya kurang begitu suka makan ikan. Tapi setelah tahu kandungan protein dan manfaatnya yang sangat tinggi, saya jadi sadar harus banyak makan ikan kalau ingin bertambah cerdas. Selain rajin belajar,” tutur Ningsih, 16, siswa SMAN Magelang.

Kepala DKP Provinsi Jateng, Ir Fendiawan Tiskiantoro MS.i mengatakan, Forikan Mengajar merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke-6 Provinsi Jawa Tengah. “Forikan Mengajar ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran makan ikan di kalangan pelajar, sebagai penerus bangsa yang akan menjadi penentu bangsa. Maka, mereka harus cerdas dan sehat. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi ikan yang memiliki kandungan protein berkualitas tinggi,” ungkap pria yang akrab dipanggil Fendi ini.

Peringatan Hari Ikan Nasional ke-6 ini sebagai momentum pengingat bahwa Indonesia memiliki kekayaan laut yang luar biasa. “Kita memiliki potensi perikanan yang harus dimanfaatkan secara optimal. Tidak hanya untuk menunjang kesejahteraan masyarakat, namun juga untuk meningkatkan kecerdasan bangsa. Potensi ini harus dioptimalkan dengan tetap berprinsip pada kelestarian alam,” imbuhnya.

Sementara itu, ribuan warga Kabupaten Magelang dan sekitarnya, mengikuti berbagai acara peringatan Hari Ikan Nasional ke-6 Tingkat Provinsi Jateng yang dipusatkan pendopo Kabupaten Magelang, 30 November-1 Desember. Selain Forikan Mengajar, digelar lomba masak serba ikan untuk menu balita dan keluarga, pameran kelautan dan perikanan, lomba foto keindahan terumbu karang, kontes ikan Koi dan Lohan, lomba mancing mania di Desa Granjeng, serta Kampanye Gemar Ikan. (sls/ida)