Kota Magelang Raih Anugerah Pandu Negeri

96
PENGHARGAAN
PENGHARGAAN

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Sekda Kota Magelang Joko Budiyono menyebut, baru-baru ini Pemkot Magelang menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019 kategori silver. Indonesia Institute for Public Governance (IIPG) memberikan penghargaan ini karena menilai Pemkot Magelang memiliki komitmen kuat dalam mengelola tata pemerintahan.

“Tahun ini kita dapat silver, semoga tahun depan kita bisa mendapatkan gold,” kata Joko.

Penghargaan yang diterima pada Kamis, (28/11) di ruang sidang lantai 2, Setda Kota Magelang. Menurutnya,  banyak hal yang dilakukan Pemkot Magelang hingga dinilai para ahli mendapatkan penghargaan ini. Diantaranya, meraih wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI, penetapan APBD yang selalu tepat waktu, terbebas dari korupsi. “Kemudian, indeks pembangunan masyarakat yang terus meningkat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Joko bercerita, penghargaan ini hanya diberikan kepada 62 pemerintah daerah terpilih, dari 548 kabupaten/kota.  “Kriteria penilaian antara lain dalam hal aspek performance 60 persen, meliputi pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, hasil terobosan penting. Dan aspek governance 40 persen, meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, antikorupsi,” ulasnya. (put/lis)