Ketika Museum BPK RI Tampil Lebih Instagramable

91
KEKINIAN : Museum BPK RI di Kota Magelang tampil modern. (PUPUT PUSPITASARI)

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Desain interior Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang mengusung konsep modern sukses menyedot perhatian wisatawan. Tidak heran jika museum ini mendapat kunjungan sekitar 40 ribu orang per tahun.

Kepala Museum BPK RI Dicky Dewarijanto mengungkapkan bahwa desain museum yang instagramable menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Pengamatannya tiap pengunjung mengabadikan momen kunjungan dengan berfoto. “Museum biasanya tampil monokrom, tapi kita ingin jadi museum yang instagramable supaya menarik untuk foto,” katanya, kemarin. Ia tidak ingin hanya tercapai tujuan museum sebagai edukasi. Lebih dari itu, ia menargetkan museum lahan rekreasi.

“Kita mencoba jadi museum yang modern, tidak hanya menampilkan gambar, patung, tapi lebih ke arah konten digital. Foto gambar kita digitalisasi, kita masukkan ke dalam komputer untuk ditampilkan,” jelasnya.

Ciri khas digitalisasi ini, lanjut Dicky, pengunjung dapat berkomunikasi langsung dengan “museum”, tanpa pemandu. Pengunjung bisa langsung mengakses informasi yang tersedia.

“Kami ada interactive floor, kemudian ada game mendaftar sebagai pegawai BPK. Koleksi foto juga bisa dilihat sendiri menggunakan touch screen,” ungkapnya.

Pantauan koran ini, museum tersebut terbagi ke dalam beberapa ruang yang saling terkoneksi. Meliputi ruang lobi, audio visual, Wajah BPK, ruang Titik Nol, ruang BPK (ruang ketua dan ruang gerak BPK), ruang rekam jejak BPK, kids museum, ruang storage, ruang perpustakaan dan ruang pamer. (put/lis)