Nilai Proyek Besar, Komisi C Temukan Retak di Samapta Aquatic, Kok Bisa?

132
RETAK-RETAK : Komisi C DPRD Kota Magelang menemukan bangunan yang retak-retak di pembangunan kolam renang Samapta Aquatic Sanden. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
RETAK-RETAK : Komisi C DPRD Kota Magelang menemukan bangunan yang retak-retak di pembangunan kolam renang Samapta Aquatic Sanden. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Komisi C DPRD Kota Magelang menemukan banyaknya bangunan yang retak-retak di lokasi Samapta Aquatic, Kawasan Sport Centre Sanden. Padahal, lokasi tersebut masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

“Ini kok bisa retak-retak? Padahal masih dalam taraf pembangunan. Ini menjadi catatan kami. Karena anggaran pembangunan kolam renang ini tidak main-main angkanya, jadi harus diperhatikan kualitasnya,” kata Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang Muh Harjadi dalam kunjungan lapangan di beberapa lokasi pembangunan infrastruktur, Jumat (22/11). Lokasi yang dikunjungi adalah seperti Kawasan Sport Centre Sanden, Gedung Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang.

Anggota Komisi C lainnya, Imam Musaechoni bahkan menilai kualitas bangunan kurang memadai. “Ini cukup riskan, berbahaya karena ini tembok yang di bawahnya masih ada ruang yang akan digunakan nantinya,” ujarnya seraya menunjuk tembok yang retak-retak.
Anggota lainnya, HIR Jatmiko bahkan berujar bahwa lokasi sedang dibangun kok sudah ada rumput yang tumbuh di sela-sela bangunan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Magelang Evin Septa Haryanto Kamil memastikan bahwa Kawasan Sport Centre Sanden menjadi perhatian pihaknya karena nilai proyek yang cukup besar. Selain itu, kawasan ini juga menjadi sebuah identitas Kota Magelang. “Ini juga tadi dil apangan tenis indoor Moncer Serius, terlihat ada kotoran burung. Sepertinya bagian atap menjadi sarang burung. Ini menjadi catatan agar masalah burung tidak menimbulkan permasalahan lainnya. Saya minta dinas terkait ngurusin ini ya,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam papan yang tertera di depan proyek Samapta Aquatic, tertulis kegiatan Pmebangunan Kolam Renang Tahap 6 dengan nilai proyek sebesar Rp 9.936.619.000. Proyek ini berjangka waktu 180 hari kalender dari tanggal SPMK 1 Juli 2019. Tertulis Konsultan Pengawas oleh CV Nareswara dengan penyedia KSO PT Joglo Multi Ayu-PT Wijaya Gugus Persada, dan pendampingan oleh Tim Pendampingan Hukum TP4D Kejaksaan Negeri Kota Magelang. (had/ton)